DPRD Nilai BKD Acuh Soal Oknum ASN


Senin, 06 April 2015 - 19:28:47 WIB
DPRD Nilai BKD Acuh Soal Oknum ASN

Ia menyayangkan, sikap Pemerintah Kota (Pemko) Padang yang tidak tegas me­nin­dak ASN indisipliner itu, pa­da­hal surat pemberitahuan sudah dilayangkan. Bahkan, telah terbukti berdasarkan pengakuan Camat Luki, tim dari BKD dan Inspektorat telah turun, guna mengecek laporan tersebut.

Baca Juga : Mahyeldi Naik Jadi Gubernur Sumbar, Siapa Pengganti Wali Kota Padang?

“Jangan ada asumsi publik yang keluar, bahwa ada KKN yang diciptakan pemko akibat istilah ketidaktahuan pemko terhadap laporan itu,” tegasnya.

Berdasarkan PP nomor 53 tahun 2010, baik oknum ASN yang melakukan tindakan in­disip­liner maupun atasan yang melakukan pengabaian ter­hadap tindakan tersebut, akan dikenakan sanksi indisipliner, salah satunya pemecatan.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 26 Februari 2021

“Kalau terbukti, BKD, Inspektorat hingga Sekda, dalam hal ini dicontohkan kepala badan tidak me­nindak­lanjuti pengaduan itu, maka ia bisa diduga melakukan pe­lalai­an tugas dan terancam dicopot jabatannya atau bisa dipecat,” terangnya.

Ia membenarkan, tindakan yang dilakukan Lurah dan Camat Luki yang melakukan penindakan berupa pemberian sanksi tertulis hingga mela­kukan pengaduan berupa surat tertulis berjenjang, terkait tindakan indisipliner ketiga pegawai kelurahan tersebut.

Baca Juga : Sosok Pengusaha Batu Bara Perempuan Asal Sumbar, Mulai Bisnis dari Umur 18 Tahun

“Sudah terlihat siapa yang berbohong, semuanya sudah dijelaskan melalui data ter­tulis. Kita bisa tahu sendiri, siapa yang tidak menjalankan tugasnya,” ujarnya

Sebelumnya, Kepala BKD Kota Padang, Asnel mengaku belum mendapatkan informasi terkait laporan kasus indi­sipliner ketiga ASN di Ke­lu­ra­han Banda Buat. ”Percayalah, pemko tidak akan melindungi siapa saja oknum pegawai yang nyata-nyata melanggar aturan. Makanya, kami selalu meminta laporan tertulis, agar dapat dijadikan bukti untuk me­nindak­lanjutinya,” tegasnya.

Baca Juga : Wujudkan GCG, Perumda AM Kota Padang Kunjungi BPKP Sumbar

Sementara itu, Camat Lu­buk Kilangan, Syafwan me­nam­pik bahwa pihaknya tidak memberikan laporan terkait kasus indisipliner tiga oknum ASN ke BKD. ”Sekarang si­apa yang berbohong? Ini buk­ti­nya surat kami kepada Sekda, yang tembusannya kepada BKD dan Inspektorat, ter­tanggal 9 Maret 2015,” te­rangnya. (h/ade)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]