Tim Sembilan Minta DPR Agar Segera Tetapkan Kapolri Definitif


Senin, 06 April 2015 - 19:37:27 WIB
Tim Sembilan Minta DPR Agar Segera Tetapkan Kapolri Definitif

Jimly menuturkan, setelah menggelar rapat konsultasi bersama Presiden Joko Wido­do, DPR seharusnya dapat memulai proses pencalonan dan fit and proper test Kom­jen Badrodin Haiti sebagai Kapolri. Ia berharap DPR bisa menetapkan Kapolri definitif di bulan ini juga. “Mudah-mudahan dalam 20 hari kerja sudah dapat Kapolri (de­fi­nitif),” ujarnya.

Baca Juga : Daftarkan Logo Partai atas Nama SBY, Ketua DPC PD Dharmasraya: Cegah Penyalahgunaan oleh Pihak Lain

Hal lainnya, kata Jimly, tim sembilan dan DPR juga sepa­kat bahwa penunjukkan Wakil Ka­polri diserahkan sepenuh­nya pada Kapolri. Jimly yakin pen­calonan Badrodin sebagai Ka­polri akan disetujui oleh DPR.

“Ada beberapa kemung­kinan. Bisa saja DPR tidak gunakan haknya, berarti me­nye­rahkan pada Presiden dan itu bisa ditafsirkan DPR me­nyetujui dan menyerahkan pada Presiden untuk melan­tiknya,” tutur Jimly.

Baca Juga : DPC Partai Demokrat Dharmasraya Sampaikan Surat Pengaduan dan Perlindungan Hukum ke Polres Setempat

Sementara itu, Wakil Ke­tua DPR Fadli Zon mengung­kapkan, pembahasan menge­nai calon Kapolri akan dila­kukan sesuai mekanisme yang berlaku. “Di paripurna akan kita serahkan pada Komisi III dan diparipurnakan lagi,” ucap Fadli.

Saat menerima kedatangan anggota tim sembilan, pim­pinan DPR yang hadir selain Fadli adalah Setya Novanto dan Taufik Kurniawan. Hadir juga pimpinan Komisi III DPR Aziz Syamsuddin, dan Ketua BURT DPR Roem Kono. Sementara Jimly datang ke DPR didampingi Imam Pra­sodjo, Hikmahanto Juwana, Oegroseno, dan Bambang Widodo Umar. (h/kcm)

Baca Juga : Terjun ke Politik, Athari Gauthi Ardi: Ingin Kampung Seperti Jakarta

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]