Banyak Maskapai Langgar Ketentuan “Refund” Tiket


Selasa, 07 April 2015 - 19:09:29 WIB
Banyak Maskapai Langgar Ketentuan “Refund” Tiket

Kemudian, dalam Per­men­hub No 77 Tahun 2011 dijelaskan bahwa pihak airline memberikan perlindungan kepada konsumen dengan mem­­­­beri kewajiban pada peru­sa­­haan penerbangan jika ter­jadi pembatalan yang ­maskapai itu sendiri. Namun, menurut Rudiana, peraturan tersebut kekurangan sebab pembatalan yang diakibatkan oleh konsumen.

Baca Juga : Penembak Christchurch Gugat Status Teroris

“Tapi, tidak dijelaskan secara eksplisit jika terjadi pembatalan oleh pihak kon­sumen. Belum teri­m­ple­men­tasi dengan baik ke masya­rakat, menurut kami,” jelas Rudiana.

Untuk itu, asosiasi ini ber­ha­rap agar pemerintah mem­be­rikan batasan refund tiket yang disertai dengan alasan pem­batalan. Menurut dia, hal ter­­sebut akan men­cegah terja­di­nya kesengajaan dari konsu­men untuk membatalkan tik­et.

Baca Juga : Joe Biden Tarik Tentara Amerika dari Afghanistan Per 1 Mei

Refund kan ada dua, vo­luntary dan unvoluntary. Kalau keinginan tamu dia harus punya alasan, jangan enak aja sudah booking lalu batal, harus disertai bukti-bukti. Jika su­dah, airline harus refund karena konsumen tidak ada niatan untuk membatalkan secara sepihak,” kata Rudiana.

Rudiana mengatakan, pihaknya juga dirugikan de­ngan tidak adanya peraturan yang jelas mengenai refund ini. Menurut dia, ketidaktahuan konsumen mengenai hak-hak­nya menyebabkan komplain yang bertubi-tubi ke pihak agen perjalanan. “Kita enggak bisa me­nguntungkan juga dengan abu-abunya peraturan refund ini karena konsumen tahunya kan refund, malah komplain terus. Padahal, dari pihak airline tidak dapat refund,” jelas Ru­diana.

Baca Juga : Penembakan di New York Tewaskan Bayi, Pria 23 Tahun Ditangkap

Selain itu, Rudiana menga­takan, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) perlu lebih giat dalam me­nyosialisasikan hak-hak kon­su­men yang tertuang dalam UU PK No 8 Tahun 1999 tersebut. “Hotline call 153 dari BP­KN saja kan belum banyak yang sadar. Masyarakat tidak tahu bahwa hak-hak mereka sebagai konsumen itu dilin­dungi,” jelas Rudiana.  (h/kcm)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]