Menperin Resmikan Pabrik Isuzu


Selasa, 07 April 2015 - 19:10:19 WIB
Menperin Resmikan Pabrik Isuzu

Pada peresmian tersebut, dihadiri juga Menteri Per­dagangan Rahmat Gobel, Wa­kil Gubernur Jawa Barat Ded­dy Mizwar, Presiden dan Perwakilan Direktur Isuzu Motors Ltd, Mr. Susumu Ho­soi serta Presiden Direktur PT Astra International Tbk. Prijo­no Sugiarto.

Baca Juga : Penembakan di New York Tewaskan Bayi, Pria 23 Tahun Ditangkap

Dalam sambutannya, Men­perin menyampaikan apresiasi atas kepercayaaan serta­ko­mitmen Isuzu Motor Li­mited Japan dan mitra usa­hanya di Indonesia - PT. Astra Inter­national Tbk, yang secara terus-menerus berinvestasi di Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai basis pro­duksi kendaraan komersial yang akan di ekspor ke negara-negara berkembang,” ujar Saleh.

“Melalui pembangunan pabrik baru PT. Isuzu Astra Motor Indonesia - Karawang Plant, diharapkan dapat mem­berikan kontribusi yang se­makin besar bagi pere­konomian Indonesia,” tegas Menperin.

Baca Juga : Netanyahu Terkejut, Tentara Israel Bakar Diri karena Trauma Perang

Tidak hanya menambah investasinya di Indonesia, pembangunan pabrik baru tentunya akan menambah ka­r­ya­wan baru serta me­ning­katkan jumlah dan kepe­mili­kan pemasok (supplier) lokal dalam kegiatan produksinya, ujarnya.

Nilai investasi pem­bangu­nan pabrik baru PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Karawang sebesar Rp1,3 tri­liun dan direncanakan mampu menyerap tenaga kerja baru sebanyak 1000 orang.

Baca Juga : Terapkan Prokes Ketat, Saudi Wajibkan Vaksinasi Covid-19 untuk Jamaah Dua Masjid Suci

Pabrik tersebut juga meli­batkan sekitar 136 industri komponen tier-1 dan sekitar 544 perusahaan industri kom­ponen tier-2. Menteri Perin­dustrian Sa­leh Husin me­negaskan, “Pe­merintah Indo­nesia sangat mendukung upaya PT IAMI yang kendaraan produksinya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri tetapi juga akan dipa­sarkanke ber­bagai negara tu­juan ekspor di dunia,” ujar Saleh.

“Langkah tersebut sangat sejalan dengan kebijakan pe­ngembangan industri otomotif yang dikehendaki Pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, saya meminta supaya Isuzu dapat mengekspor lebih dari 50% produk yang dihasilkan,” Saleh berharap.

Baca Juga : Bertemu AS, Netanyahu Sebut Pemerintah Iran Sebagai Rezim Fanatik

Hal ini dinilai penting dila­kukan karena selain dapat mempercepat pengembalian investasi yang telah dita­nam­kan oleh Isuzu Astra Motor Indonesia, juga dapat mem­bantu Indonesia mengurangi defisit perdagangan otomotif. (h/inl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]