Agam Dapat Bantuan Pembuat Pakan Ikan


Selasa, 07 April 2015 - 19:11:27 WIB
Agam Dapat Bantuan Pembuat Pakan Ikan

“Keberadaan pabrik pakan ikan ini sangat membatu, pabrik tersebut rencananya dibangun persinya di Kenagarian Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya. Tinggi harga pakan ikan saat ini sangat menyulitkan pem­budidaya perikanan, oleh sebab itu kebutuhan pabrik ini cukup men­desak,” jelasnya.

Baca Juga : Mubaligh: Perbanyak Taubat Selagi di Bulan Ramadhan

Ia menjelaskan, dana satu miliar itu, akan digunakan untuk membeli mesin, membeli bahan pembuatan pakan, antara lain jagung, kedelai, dadak, dan tepung ikan buncah. Untuk areal lahan pembangunan pabrik, sudah di­sedia­kan oleh masyarakat. Pembuatan pakan yang dilakukan sendiri ini diupayakan bakal ramah dengan lingkungan.

“ Selama ini pembudidaya membeli pakan ikan dari luar. Pakan yang digunakan selama ini juga masih kurang ramah lingkungan. Bahan baku akan diupayakan berasal dari apa yang ada di Agam. Dengan pola seperti itu akan jauh lebih ramah lingkungan,” ungkapnya.

Baca Juga : Berbuka Puasa Sembari Menikmati Nuansa Tepi Bukit dengan Pemandian Air Panas Alami di Solsel

Ia menambahkan, dengan adanya produksi, pakan ikan sendiri, setiap pembudidaya bisa menekan pe­nge­luaran biaya pakan Rp3000 per kilo, atau lebih kurang terjadi penghematan separuh pengeluaran biasanya. “ Pe­m­buatan pakan ikan sendiri diharapkan bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. Saat ini kita sedang mencari mesin, dengan produksi lima ton sehari,” ungkapnya. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]