Enam Aliran Sungai Harus Dinormalisasi


Selasa, 07 April 2015 - 19:18:37 WIB
Enam Aliran Sungai Harus Dinormalisasi

Pri Nurdin mengungkap­kan, sejumlah bencana banjir yang terjadi di kabupaten ini penyebabnya diakibatkan kon­disi aliran sungai yang tidak bagus. Sehingga setiap kali banjir mengakibatkan keru­sakan infrastuktur seperti jalan, jembatan, bendungan irigasi, rumah dan areal perta­nian. Bahkan, menelan dua korban jiwa.

Baca Juga : Sumbar akan Aktifkan Kembali Tempat Karantina Pasien Covid-19

“Oleh karena itu, diperlu­kan upaya pengendalian mela­lui kegiatan normalisasi dan pembukaan muara sungai. Dibutuhkan anggaran sebesar Rp120 miliar,” katanya.

Disebutkan, anggaran ter­se­but telah diajukan Pem­kab kepada Pemerintah Pusat. Rin­cian, kegiatan normalisasi Ba­tang Salido Rp35 miliar, Batang Painan Rp 30 miliar, Batang Lumpo Rp20 miliar, Batang Jalamu Rp15 miliar dan Batang Bayang Rp20 mi­liar.

Baca Juga : Gelar Apel Siaga Lebaran, PLN Sumbar Pastikan Keandalan Listrik pada Idul Fitri 1442 H

Lebih lanjut dikatakan, terkait pembangunan jem­ba­tan gantung dan per­baikan jalan yang rusak akibat banjir di Nagari Tam­bang, Keca­matan IV Jur­ai, pihaknya telah mengu­sulkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Ben­­­cana (BNPB) dan Pemer­intah Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu juga diajukan anggaran untuk pembangunan dan perbaikan rumah warga yang mengalami rusak berat dan sedang. Untuk rumah rusak berat sebanyak 20 unit dan rusak sedang 10 unit, terangnya. (h/har)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]