Tiga Pengurus Koperasi Sawit Ditahan


Selasa, 07 April 2015 - 19:42:45 WIB
Tiga Pengurus Koperasi Sawit Ditahan

Kasi Pidum Kejaksan Negeri Simpang Empat,  Herri Hendra kepada Haluan kemarin mengatakan kasus tersebut merupakan pelimpahan Polres Pasaman Barat kepada Kejaksaan Negeri Simpang Empat.

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

90 orang anggota  koperasi, Masri Cs, melaporkan ketiga pengurus tersebut kepada pihak kepolisian Polres Pasbar. Akhirnya pihak kepolisian menetapkan ketiganya sebagai tersangka selanjutnya  tersangka diserahkan terhadap pihak Kejaksaan Negeri Simpang Ampek.

“Kejaksaan Negeri Simpang Ampek, menerima berkas dari pihak kepolisian dan menyatakan lengkap dan segera mengajukan kasus ini ke pengadilan,”terangnya.

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

Ketiganya dituduh melanggar Pasal 374 KUHP, tentang peng­gelapan dan penyalahgunaan jabatan dengan ancaman 5 tahun penjara.

“Sekarang terdakwa sudah dita­han di Rutan Talu untuk segera  di limpahkan pada pihak Pengadilan Negeri Pasaman Barat untuk di sidangkan,” lanjutnya.

Akibat perbuatan mere­ka, 90 orang anggota koperasi dari 1.000 anggota, mengalami kerugian sebe­sar Rp 450 juta.

Ditempat terpisah, Masri Cs, mengatakan, ketiga pengurus diduga telah melakukan penggelapan hasil Tandan Buah Segar (TBS) beserta  penambahan nomor anggota se­hingga mengurangi pendapatan anggota yang lama, dari 1.000 anggota menjadi 1.200 anggota.

“Akibatnya, anggota sebanyak 1.000 orang mengalami kerugian selama 1,5 tahun sebesar Rp 4,5 miliar, dipotong 30 persen terhadap setiap anggota. Dimana penambahan nomor anggota itu dilakukan oleh pengurus” ujarnya.

Mereka menjelaskan,  berda­sarkan  Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSB-SAMB tutup buku 2013 dan 2014, dua kali RAT tersebut ditolak oleh  seluruh anggota, begitu juga hasil rapat luar biasa pada bulan Januari. Anggota telah membentuk pengurus baru dan pengurus simpan pinjam karena pengurus lama telah menjalani proses hukum. (h/dka)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]