Meningitis Bisa Menular


Rabu, 08 April 2015 - 18:46:27 WIB
Meningitis Bisa Menular

Penanganan Penyakit Meningitis

Baca Juga : Sambut Lebaran, Garena Free Fire Kembali Adakan in-Game Event dan Live Streaming

Ketika gejala-gejala diatas dirasakan, sebaiknya pasien mendapatkan penanganan me­dis oleh dokter, fungsi lumbal merupakan tes laboratorium yang amat penting untuk pe­nyakit meningitis. Hal ini juga disebut dengan spinal tap. Nantinya pasien akan dipe­riksa lebih dalam dan sampel cairan akan diambil dari dalam tulang belakang dan diuji un­tuk diperiksa apakah me­ngan­dung organisme yang me­nyebabkan penyakit. Selain itu, dokter juga akan me­la­kukan tes lainnya, seperti tes darah, CT scan dan masih banyak lagi.

Pencegahan Penyakit Meningitis

Baca Juga : Idul Fitri Sebentar Lagi, Yuk Bikin Kue Kacang Krenyes untuk Lebaran

1. Menjaga dan Me­ning­katkan Keber­si­han. Trans­misi penyakit meningitis ini dapat dicegah dengan meningkatkan tingkat kebersihan antara o­rang-orang dengan resiko in­feksi dan diantara mereka yang mungkin menyebarkan pe­nyakit. Hal yang paling pen­ting adalah menjaga ke­bersihan tangan, karena tangan adalah media yang paling beresiko untuk menularkan virus dan bakteri. Untuk itu biasakan mencuci tangan de­ngan meng­gunakan sabun antikuman dan bilas dengan air yang mengalir.

2. Hindari Berbagi Pe­ralatan. Berbagi peralatan seperti menggunakan piring, gelas, sedotan, handuk dan peralatan lain yang sama de­ngan si penderita akan me­mudahkan penyebaran bakteri meningitis, untuk itu hidari berbagi peralatan dengan pen­derita untuk mencegah timbul­nya penyakit meningitis.

Baca Juga : Gaya Kekinian, Pakai Kutek Ini Tetap Bisa Salat Loh

3. Tutuplah Hidung dan mulut saat bersin.

4.  Konsumsi antibiotik saat sedang bersama-sama dengan orang yang terjangkit virus. Hal ini merupakan pencegahan terhadap bagai­mana mudahnya virus me­ningitis menyebar.

Baca Juga : Agar Tak Terpapar Covid-19, Ini Tips Aman Belanja Jelang Lebaran

Meningitis atau radang selaput otak adalah penyakit menular. Kuman yang me­nyebabkan penyakit me­ni­ngitis ini dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain­nya melaui batuk dan kontak pada jarak yang dekat. Untuk itu penting sekali untuk segera pergi kedokter jika gejala-gejala meningitis dirasakan oleh anda dan orang-orang terdekat anda. Karena hanya dokter yang dapat menentukan apakah penyebab meningitis yang anda derita. Karena setiap penyebab meningitis men­dapatkan penanganan dan the­rapy yang berbeda. Penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat mematikan jika tidak segera diobati. Itulah dia pengetahuan lengkap me­ngenai penyakit meningitis atau radang selaput otak, se­moga bermanfaat. (h/bdk)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]