Harga LPG 12 Kg Capai Rp160 Ribu per Tabung


Rabu, 08 April 2015 - 19:06:02 WIB
Harga LPG 12 Kg Capai Rp160 Ribu per Tabung

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengem­bangan Energi Asril Amir menyebutkan, kenaikan LPG saat ini, tidak bisa ditekan oleh pemerintah kabupaten. Sementara itu, penderitaan masyarakat didengar langsung oleh pemerintah daerah setempat.

Baca Juga : Pangkalan Militer AS di Irak Dihantam Roket, 5 Orang Dilaporkan Luka-luka

“Situasi saat ini serba susah, jika disebut bukan urusan kami, sementara kami adalah pegawai yang bekerja untuk melayani masya­rakat di bidang energi. Namun, LPG itu tidak ada kewenangan daerah,” sebutnya.

Apalagi LPG 12 kilogram, harga diten­tukan oleh asing. Namun, pendistribusian tetap ada mekanismenya. Kabupaten Pasa­man, kata Asril Amir, termasuk stasiun pengisian daerah Payakumbuh. Karena untuk Provinsi Sumatera Barat, ada dua Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE). Karena itu, Harga Eceran Tertinggi (HET) dibagi menjadi dua yakni untuk stasiun Pa­dang menjadi Rp148.000 per tabung­ dan untuk stasiun Payakumbuh men­jadi Rp146.200 per tabung.

Baca Juga : Hong Kong Larang Penerbangan dari India-Filipina-Pakistan Gegara Ada Virus Mutan

Kenaikan harga LPG dan tidak adanya minyak tanah beredar di tengah-tengah masyarakat, menambah sulitnya kehidupan di era kepemimpinan Jokowi-JK. Harga kebutuhan pokok tinggi, sementara hasil tani tidak kunjung meningkat.

Sebut saja kebu­tuhan akan gas elpiji ini, masyarakat yang telah dijebak pemerintah menggunakan elpiji, tetapi gas elpiji itu pun dinaikkan.

Baca Juga : AS dan Rusia Makin Panas, Biden Peringatkan Putin Soal Navalny

Salah satu ibu rumah tangga di Lubuksikaping, Loni (42), menyebutkan, dia baru dua bulan ini menggunakan gas elpiji, lantaran minyak tanah sudah tidak ada lagi di pasaran.

“Saya baru belajar menggunakan elpiji, tapi elpiji sudah keburu naik,” pungkasnya. (h/col)

Baca Juga : Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Pakistan Tembus Rekor

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]