Pola Tanam Legowo, Tingkatkan Produksi Padi Kota Pariaman


Rabu, 08 April 2015 - 19:09:29 WIB
Pola Tanam Legowo, Tingkatkan Produksi Padi Kota Pariaman

“Peningkatan pembangu­nan irigasi teknis dan jitut, telah menjadikan kebutuhan air sawah untuk tanam padi makin terjamin, kondisi ini membuat petani bersemangat turun kesawah untuk bercocok tanam padi,” kata Sekretaris Dinas Pertanian Kota Paria­man, Benyamin,  menjawab Haluan, Rabu (8/4).

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

Tahun 2015 ini, kata Be­nyamin yang didampingi Kbid TPH, Dewi Sastra, 200 hektar yang akan ditami padi sestem legowo pada MT 1 ( mulai April 2015 ini). dan 1.000 hektar untuk musim tanam ke-2, Agustus- September.

Tanam padi yang 200 hek­tar di MT 1, itu untuk 10 kelompok tani. Disini petani diberi benih padi, pupuk. Petani hanya menyediakan lahan dan upah pekerja tani.

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

Sistem atau pola tanam padi legowo yang diterapkan ke ke­lompok tani di Kota Paria­man, untuk mendukung pro­gram na­sional swasembada pa­ngan. Jadi pola tanam kita tetap mengacuk ke swasem­bada pa­ngan, jelas Benyamin yang didamping Ka­bid TPH, Dewi Sastra.

Benih yang dipakai disini atau bantuan benih yang dibe­ri­kan pemerintah ke petani itu, tetap selaran dengan benih yang biasa dipakai petani, seperti cisokan atau PB42.

Kita berharap dengan ada­nya pola-pola yang makin baik dalam system tanam padi, menjadikan gairah bagi petani untuk turun ke sawah. Dengan demikian tidak ada lagi sawah terlantar di kota ini atau paling tidak keberadaan sawah ter­lan­tar makin minim. (h/tri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]