Pemusnahan Barang Sitaan BC Dinilai Tak Transparan


Kamis, 09 April 2015 - 18:25:48 WIB
Pemusnahan Barang Sitaan BC Dinilai Tak Transparan

Selain tudingan itu dilon­tarkan, pihaknya juga me­nyayangkan sikap Bea Cukai Pekanbaru, karena pemus­nahan barang bukti hasil penangkapan barang penye­lu­n­dupan beberapa waktu lalu itu, tidak sesuai hasil tangkapan secara ke­sel­u­ruhan.

Baca Juga : Pantai Salido Pesisir Selatan jadi Favorit Anak Muda

“Kita minta kepada pe­merintah dan instansi yang terkait, dalam hal ini untuk membentuk tim investigasi, mengungkapkan kebenaran dan kecurigaan sesuai lapo­ran masyarakat yang kita terima terhadap Bea Cukai,” kata Azwendi Fajri.

Politisi Demokrat ini juga menilai, pemusnahan barang sitaan tersebut, bisa saja hanya seremonial saja. Tidak semua barang tangkapan, yang dimusnahkan seba­gai­mana yang seharusnya. De­ngan­ dugaan ini, pihaknya meminta perlu dilakukan investigasi kepastiannya. Ka­re­na hal ini menyalahi aturan.

Baca Juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Padati Taman Kota Siak

Sebelumnya BC Pekan­baru menyampaikan kepada Komisi II akan melakukan koordinasi, dan menyatakan setelah administrasi selesai, maka akan dilakukan pe­musnahan barang bukti se­cara bersama-sama.

“Kita indikasikan juga, barang bukti sitaan lain se­perti kapal kargo yang me­ngangkut Miras impor ilegal tersebut, dilepaskan dengan membayar denda ke negara. Untuk itu, hal ini perlu diusut tuntas oleh pihak hukum.” katanya.

Sebelumnya, Kantor BC  Pekanbaru melakukan pe­mus­nahan barang sitaan ne­gara seharga Rp 1,7 Miliar. Barang itu terdiri dari mi­numan keras, Handphone dan Tablet, Rokok berbagai jenis tanpa pita cukai, dan enam unit Air Soft Gun beserta spare part kendaraan. (hr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]