Bank Nagari Hadirkan Pajak Corner di Pasaman


Kamis, 09 April 2015 - 18:31:31 WIB
Bank Nagari Hadirkan Pajak Corner di Pasaman

Kepala Cabang Bank Naga­ri Lubuksikaping, Hardi Putra menyebutkan, hadirnya laya­nan pajak corner merupakan bagian dari layanan one stop solution yang digadang-gan­dangkan Bank Nagari.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

Peluncuran Pajak Corner, terlaksana setelah Bank Pem­bangunan Daerah Sumatera Barat itu menghadirkan fitur layanan Elektronic Data Cap­ture (EDC) pada 20 Maret lalu di salah satu toko belanja di pasar Lubuk Sikaping.

Fitur yang diresmikan lang­sung Kepala Kantor Peneri­maan Perpajakan Negara (KPPN) Lubuk Sikaping di­dam­pingi Pemimpin Ca­bang­Bank Nagari Pasaman, Har­di­ Putra berupa mesin pajak cor­ner. “Lahirnya fitur pajak cor­ner ini tak terlepas dalam meningkatkan mutu pelayanan bagi nasabah. Terutama bagi nasabah pembendaharaan ke­pe­merintahan yang hendak menye­tor pajak,” ujar Hardi Putra.

Baca Juga : Cuaca Objek Wisata Sumbar Dilanda Hujan hingga Malam

Selama ini, bendahara in­stansi vertikal ataupun benda­hara SKPD melakukan pem­bayaran pajak secara manual dengan sistem MPN G1. De­ngan hadirnya mesin pajak corner MPN G2 ini, nasabah dapat membayar pajak ber­teknologi cepat, mudah, hing­ga menghemat waktu dan terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

Nasabah yang akan mem­bayar pajak, terutama benda­harawan yang akan menye­torkan pajak, harus mendaftar dulu di situs resmi penerimaan negara pajak dan non pajak. Setelah registrasi, nasabah akan mendapatkan PIN yang dikirimkan ke email nasabah tersebut. Setelah dapat PIN, barulah masuk situs resmi atas nama bendaharawan dapat dilakukan.

Para bendaharawan dapat melakukan pembayaran pe­nye­toran langsung melalui mesin pajak corner yang telah disediakan di bank nagari. Hanya dengan dua kali klik, pembayaran pajak bisa tuntas, dan klik ketiganya untuk men­cetak bukti penyetoran. Jika sudah selesai mela­kukan penye­toran melalui mesin pajak corner, nasabah bisa menemui teller dan me­nun­jukan kode billing yang ada di lembaran yang telah dicetak tersebut.

Lebih lanjut, Hardi Putra menjelaskan, selain membe­rikan kemudahan lewat berba­gai fitur berteknologi, mulai dari adanya mesin EDC, pajak corner, layanan MPN G2, Cas­h ­Management System (CMS), hingga Mobile ­Ban­king,­Bank­ Nagari Cabang Lubuk­sikaping juga jemput bola. Satu unit mobil dan sepeda motor diturunkan ke tangah masya­rakat. Ini dilakukan guna menghimpun dana masyarakat yang selama ini sulit dijangkau.

Acara launching MPN G2 itu sekaligus diadakan seminar atau edukasi bagi para unda­ngan. Terutama bendahara instansi vertikal atau instansi yang mene­rima gaji dari APBN pusat seperti Penga­dilan Negeri, Pe­nga­dilan Aga­ma, BPS dan ben­dahara-ben­da­hara pada in­stansi SKPD di lingkup Pemkab Pasa­man. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]