13 Nagari Masih Terisolir di Agam


Kamis, 09 April 2015 - 18:32:28 WIB
13 Nagari Masih Terisolir di Agam

Menurutnya, adapun keca­matan  yang memiliki wi­layah yang tergolong ter­iso­lisir an­tara lain, pada Ke­camatan Palupuah, terdapat empat nagari, pada Ke­ca­matan Ma­lal­ak terdapat em­pat  nagari, pada Kecamatan Palembayan ada sebanyak lima nagari, dan kemudian sejumlah jorong pada Ke­camatan Tanjung Mu­tiara.

Baca Juga : Menara Masjid Raya Sumbar jadi Daya Tarik Baru Wisatawan

“Wilayah tersebut terletak cukup jauh dengan akses yang cukup sulit. Namun, dengan kondisi itu,  pemerintah terus berupaya mendorong kebu­tuhan wilayah itu seperti sarana umum,  akases menuju tempat tersebut, serta memberikan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Welfizar menjelaskan, keti­dakadaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) pada tahun ini bukan berarti pembangunan menjadi terhalang. Bahkan, dengan adanya dana desa sekarang, seluruh nagari dapat dana sehingga bisa diberdayakan untuk pembangunan, maupun pemberdayaan masyarakat secara langsung.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

Pada tahun 2015 ini dana yang diperuntukan untuk desa lebih kurang Rp63 miliar. Dana tersebut berasal dari APBD Rp39 miliar, dan pusat Rp24 miliar.

Dari jumlah itu bakal dibagi sebanyak 82 na­gari sesuai dengan indikator dan kebutuhan nagari tersebut.

“Ketidakadaan program PNPM bukan berarti pem­bangunan pada nagari akan tersendat. Justru dengan adanya dana desa perkembangan pada setiap nagari bisa jauh lebih optimal. Karena adanya lang­sung diperuntukan untuk desa yang bersangkutan,” jelas Welfizar.

Ia menambahkan, peme­rintah Kabupaten Agam, sa­ngat bekomitmen mendorong percepatan pembangunan se­suai dengan rencana pem­ba­ngu­nan jangka menengah dae­rah (RPJMD) yang telah dite­tapkan.

“Pemberdayaan ma­sya­­rakat serta perkembangan daerah yang jauh akan tetap menjadi prioritas,” ungkapnya. (h/yat)


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]