Masyarakat Bantu Jaga Populasi Penyu


Kamis, 09 April 2015 - 18:35:17 WIB
Masyarakat Bantu Jaga Populasi Penyu

Untuk melestarikan satwa langka penyu itu, kita terus mensosialisasikanya kepada masyarakat dan mengang­garkan biaya untuk membantu masyarakat yang mengan­tar­kan telur penyu itu ke kon­servasi. “Itu mereka lakukan dengan sadar,” kata Citra.

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

Kini telur penyu yang ma­sih dalam inkubasi atau ruang penetasan, sebanyak 3.200 butir. Dan diperkirakan dalam masa Juni nanti ada yang mene­tas, karena waktu telur penyu masuk inkubasi waktunya tidak sama.

Selain itu, PAD dari pele­pasan anak penyu ke laut, sudah mencapai Rp4,2 juta, dengan jumlah tukik yang sudah dilepas sebanyak 420 ekor.

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

Melepas anak penyu ke laut, ada yang dilepas langsung oleh petugas, dan ada pula oleh pengunjung dengan catatan mereka membayar, sesuai ketentuan perda yang sudah ada. Namun anak penyu yang sudah dilepas ke laut oleh petugas sampai saat ini atau akhir Maret tidak kurang dari 1.125 ekor.

“Kita berharap, anak penyu yang dilepas oleh pengunjung ke laut dengan merogoh kocek sesuai Perda, bisa menambah kekayaan satwa laut yang dilin­dungi itu, termasuk yang dile­pas petugas.

Konservasi penyu kota Pariaman di Desa Apar, tidak hanya berfungsi sebagai wadah penetetasan telur penyu kemu­dian melepasnya ke laut, tetapi juga sebagai ajang pendidikan cinta satwa tersebut. “Melalui rekreasi ke konservasi penyu di Kota Pariaman, diharapkan masyarakat bisa melihat lang­sung dan belajar memahami tentang satwa laut tersebut, sehingga timbul kecintaan untuk melstarikanya,” pung­kasnya. (h/tri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]