Disdik Diminta Perketat Awasi Distribusi Soal UN


Kamis, 09 April 2015 - 18:40:13 WIB
Disdik Diminta Perketat Awasi Distribusi Soal UN

Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Zulhardi Zakaria Latif  mengatakan Kamis (9/4), jika Kepsek ketahuan membocorkan naskah soal atau kunci jawaban kepada pelajar di lingkungan sekolahnya, berarti telah mencederai dunia pendidikan.

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

“Kalau benar-benar terbukti dan sesuai dengan temuan di lapangan, ya semestinya mereka diberi sanksi lah, dan itu adalah wewenang walikota. Walikota  diminta bertindak tegas dengan memberikan sanksi keras,” tegasnya.

Adanya fenomena kebocoran naskah soal UN yang terus terjadi, kata Zulhardi telah memberikan dampak buruk akan pendidikan di Kota Padang.  Sehingga, capaian proses belajar mengajar (PBM) tidak bermutu.  Alhasil,  tenaga pendidik atau siswa dikatakan gagal terhadap hal ini.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

“UN ini merupakan hasil akhir yang diperoleh selama PBM, tapi jika terus melakukan kecurangan, maka dapat dipastikan kualitas pelajar yang dihasilkan tidak bermutu. Dampaknya siswa tak dapat bersaing dengan siswa-siswa lainya ketika melanjutkan ke perguruan tinggi di Indonesia,” ungkapnya.

Zulhardi berharap, penyelenggaraan UN kali ini terhindar dari perilaku menyimpang. Kepala sekolah, dalam hal ini ditekankan harus bersih dalam melaksanakan amanah yang telah dipercayakan pusat.

“Jangan karena mencari nama, semua hal dilakukan untuk berlaku curang, kemudian hal ini juga berlaku terhadap Disdik. Buanglah sifat cari muka dihadapan pimpinan (Walikota-red), jika memang hasilnya demikian ya jabarkan jangan merasa malu,” terang Zulhardi.

Pengawasan lewat kepala sekolah sangatlah riskan. Meskipun di tahun-tahun sebelumnya pendistribusian dalam pengawalan telah dilakukan pihak berwajib, tapi tetap saja terjadi kebocoran. (h/ade)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]