Di Padang, Parkir Legal Bisa Jadi Ilegal


Jumat, 10 April 2015 - 19:28:57 WIB
Di Padang, Parkir Legal Bisa Jadi Ilegal

Kesemrawutan masih terlihat di Jalan Dr Sutomo, kawasan Simpang Haru. Di sepanjang jalan dipenuhi angkutan antar daerah seperti Padang-Solok, dan Padang-Sawahlunto, kendaraan yang parkir di bahu jalan juga membuat macet. Itu terjadi terutama pada jam-jam sibuk pagi dan sore hari.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

Romi (25), seorang karyawan penjagaan oksigen di salah satu rumah sakit swasta Padang, mengeluhkan kondisi badan Jalan Dr Sutomo yang dipenuhi kendaraan roda empat yang parkir di bahu jalan. Kondisi ini diperparah dengan angkutan umum yang mangkal di badan jalan. “Kalau pagi dan sore, di sini macetnya minta ampun. Soalnya orang berdesakan pergi dan pulang kerja,” ujarnya.

Romi berharap Pemko menyediakan terminal untuk angkutan daerah Padang, Solok, Sawahlunto yang mangkal di kawasan itu.

Baca Juga : Hendri Septa: Masyarakat Langgar Prokes Akan Ditindak Tegas

“Dishubkominfo seharusnya lebih tegas menjalankan tugasnya,” harapnya.

Kepala Dishubkominfo Padang, Rudy Rinaldy melalui Kepala UPT Parkir Bastiar kepada Haluan menjelaskan persoalan mengelola parkir memang tidak mudah. Pihaknya setiap hari memantau titik-titik parkir yang sudah tercatat di Kota Padang lebih dari 204 titik. Titik-titik itu harus diawasi setiap hari.

“Ada saja alasan mereka untuk mengelak bahwa lahan itu tidak lahan parkir. Yang lebih anehnya, lahan yang sudah parkir legalpun kadang menjadi ilegal karena atribut juru parkir tidak lengkap,” jelas Bastiar.

Ia menambahkan, kawasan Khatib Sulaiman saat ini sudah mulai tertib setelah dilakukan pengawasan. Dishubkominfo juga sudah menyurati kantor-kantor di kawasan tersebut agar tidak membiarkan tamu serta pegawai parkir di bahu jalan.

“Kami juga pernah menyarankan bila kantor-kantor itu kekurangan tempat, sebaiknya membeli lahan parkir. Di dekat kawasan itu, lahan kosong kan masih banyak,” ujarnya.

Untuk memaksimalkan penertiban parkir liar di bahu jalan, Dishubkominfo bekerja sama dengan Satlantas Polresta Padang. “Jika masih ditemukan pelanggaran, Satlantas Polresta Padang yang akan menilang. Kami juga mengimbau di depan Polresta Padang ini bagi siapapun yang ingin parkir agar tertib. Kita sama tahu, depan Polresta Padang itu banyak juga rekan kita yang parkir. Berikanlah contoh yang baik,” tutup Bastiar. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]