Target Hasil UN SMA 2015 Peringkat Lima Sumbar


Ahad, 12 April 2015 - 19:11:19 WIB
Target Hasil UN SMA 2015 Peringkat Lima Sumbar

Hal tersebut ia sampaikan pada pertemuan dengan Kepa­la UPTD Dinas Pendidikan dan Kepala SMA se-Kab. Pa­dang Pariaman di KPNG Lu­buk Alung, Selasa (7/4).

Baca Juga : Pasien Covid-19 yang Dinyatakan Sembuh di Sumbar Bertambah 242 Orang, Total 37.002 Kasus

“Insya Allah UN tahun ini kita targetkan peringkat kelima untuk SMA dan peringkat pertama untuk SMP,” kata bupati yang juga berasal dari pendidik itu.

Dijelaskannya bahwa Di­nas Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman sudah mela­kukan sejumlah persiapan bagi sekolah terutama untuk ting­kat SMA/SMK dan SMP/Se­derajat guna menghadapi Ujian Nasional (UN) 2015 yakni dengan melaksanaan ujian pra-UN serta menambah jam belajar siswa di masing-masing sekolah.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif Bertambah 230 Kasus

“Kita sudah memper­siap­kan sekolah-sekolah mengha­dapi UN 2015 dengan melaku­kan beberapa kali ujian pra-UN,” kata bupati yamg didam­pingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Ditambahkannya, walau­pun Dinas Pendidikan Pro­vinsi Sumbar tidak melaksa­nakan ujian pra-UN tahun 2015 ini, tapi pihaknya tetap melaksanakannya yang dikelo­la langsung oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) wilayah Padang Pa­ria­man baik untuk tingkat SMA/SMK dan SMP/Sedera­jat. “Jadi kita sudah mulai melaksanakan `try out` (ujian pra-UN) sejak bulan Januari kemarin, lalu pada bulan Fe­bruari, dan terakhir bulan Maret ini,” katanya.

Sementara itu Kadis Pen­di­dikan Mulyadi menjelaskan dalam pelaksanaan ujian Pra-UN tahun ini, pihaknya serius dan sungguh-sungguh mem­per­siapkan dengan mengacu ke­pada standar dan teknis pelaksanaan UN seperti, jum­lah peserta ujian dibatasi per kelasnya sebanyak 20 orang, sedangkan jumlah pengawas per kelasnya sebanyak dua orang, dan soal minimal se­banyak lima paket.

“Kita betul-betul serius dalam ujian pra-UN ini agar siswa kita nantinya tidak cang­gung saat mengikuti ujian nasional dan sesuai kesepa­katan dari MKKS Padang­pariaman biaya pelaksanaan ujian pra-UN ini dibebankan kepada masing-masing seko­lah melalui dana BOS,” ujar Mulyadi yang didampingi Se­kretaris Yernizen.

Lebih lanjut ia mengatakan pihak sekolah saat ini sudah mempersiapkan siswa meng­hadapi ujian nasional di anta­ranya dengan menambah jam pelajaran efektif terutama mata pelajaran yang masuk UN dan jam tambahan pelajaran sore.

“Guru-guru pun sudah kita instruksikan untuk me­ngajar­kan materi-materi soal UN kepada siswa sesuai dengan pedoman pengajaran yang su­dah kita susun, dan hal ini juga bisa menambah wawasan siswa da­lam menghadapi ujian na­sional nanti. Jadi tugas kita sekarang ini hanya tinggal melakukan pemantauan ke masing-masing sekolah,” ujarnya.

Ia mengatakan, sesuai hara­pan yang sudah disampaikan Bupati Pariaman, Ali Mukhni dengan mengacu kepada hasil UN tahun lalu, maka pada UN tahun ini Padangpariaman menargetkan untuk tingkat SMA/SMK menduduki pe­ring­kat lima besar dan tingkat SLTP/Sederajat menempati urutan pertama di Provinsi Sumbar. (h/bus)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]