Pilkada Serentak 2015 Rawan Konflik


Ahad, 12 April 2015 - 19:14:32 WIB
Pilkada Serentak 2015 Rawan Konflik

Dikatakannya, Bawaslu adalah badan yang bertugas mengawal dan mengawasi penyelenggaraan Pemilu di seluruh Indonesia. Sehingga Pilkada yang dilaksanakan betul-betul terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat dalam melahirkan sosok pemimpin yang berkualitas dan berintegritas.

Baca Juga : Sosialisasi OPS Keselamatan Singgalang 2021, Satlantas Polres Sijunjung Bagi Takjil untuk Pengguna Jalan

Dalam Pemilu, peran Bawaslu sangat penting dalam melakukan indentifikasi terhadap potensi kerawanan pelanggaran yang kerap terjadi dalam Pilkada. Untuk itu perlu adanya strategi pengawasan atas pelanggaran dalam Pilkada sehingga pelanggaran dapat diminimalisir. “Kita minta kepada Bawaslu Provinsi, Panwaslu Kabupaten/kota, Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) untuk dapat melakukan penindakan jika terjadi dugaan pelanggaran dan tindak pidana pada Pilkada 2015 ini,” ujar Endang.

Menurutnya berbagai pelanggaran dan tindak pidana dalam pemilukada pasti akan ditemui. Oleh karena itu perlu adanya koordinasi dan sinergi dalam penanganan pelang­garan dan penyelesaian tindak pidana Pemilu.

Baca Juga : Terus Melonjak, Dharmasraya Sumbang 32 Kasus Positif Covid-19

Sementara itu Ketua Bawaslu Sumbar, Elly Yanti mengatakan, kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Bawaslu RI ini bekerjasama dengan Bawaslu Provinsi. Untuk di Sumbar kegiatan sosialisasi ini hanya diselenggarakan di dua kabupaten/ kota, yakni Kabupaten Tanah Datar dan Kota Bukittinggi. “Sosialisai yang digelar Bawaslu RI ini bertujuan bagaimana masyarakat ikut bersama sama dalam menyukses­kan dan mengawal jalannya pilkada tahun 2015 di Sumbar. Agar Pilkada 2015 di Sumbar berjalan sukses, maka keterlibatan masyarakat harus ditingkatkan, salah satunya dengan kegiatan sosialisasi ini,” ujarnya. (h/tot)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]