Dana Bansos Senilai Rp8 M Dibekukan


Ahad, 12 April 2015 - 19:16:22 WIB
Dana Bansos Senilai Rp8 M Dibekukan

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pen­dapatan Pengelolaan Keuan­gan dan Aset (DPPKA) M. Yasrin Syahputra. “Sejak dike­luarkannya kebijakan pengha­pusan bantuan sosial (Bansos) dan hibah yang oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pa­da awal 2015 lalu, kami seperti orang buta. Meraba-raba ter­kait proram kerja dalam APBD yang bersumber dari Bansos,” kata M. Yasrin.

Baca Juga : Kapal Ramadan Mentawai Antarkan Bantuan 10 Ton Pangan dan Logistik

Dia menyebutkan, kebija­kan penghapusan bansos terse­but menganggu kegiatan ban­tuan untuk masyarakat miskin, bantuan pembangunan fasili­tas nagari seperti mushala dan beberapa kegiatan bantuan lainnya. “Ada juga Bansos yang tetap direalisasikan. Akan tetapi sepanjang instansi atau organisasi penarima yang di­atur dalam UU. Seperti PMI, Pramuka, DAK, hingga KONI,” jelasnya.

Terkait adanya kegiatan yang bersumber dari dana Bansos yang dibekukan terse­but, ditegaskan Yasrin akan dibahas oleh Pemkab nantinya dalam APBD perubahan. “Apa­kah kegiatan tersebut tetap sebagai kegiatan yang dananya bersumber dari dana Hibah atau dipindahkan ke SKPD. Ini akan dibahas pada pembahasan APBD perubahan yang akan dibahas pada Juli mendatang,” katanya.

Baca Juga : SKB 3 Menteri tentang Seragam Sekolah Resmi Dibatalkan, Ketua LKAAM Sumbar: Negeri Ini Masih Punya Keadilan

Terkendalanya pendistri­buasian dana Bansos ini diakui M. Yasrin, karena belanja modal Kabupaten Pasaman tidak mencapai 30 persen. Sementara, dalam aturan Per­mendagri tersebut, syarat dae­rah bisa mendistribusiakan dana bansos bila belanja modal lebih dari 30 persen, belanja pendidikan 20 persen dan kesehatan 10 persen.

“Pendidikan dan kesehatan kita sudah mencukupi malahan berlebih. Namun untuk belan­ja modal ini banyak daerah yang tersandung. Termasuk Pemkab Pasaman. Untuk saat ini belanja modal Pasaman baru sekitar 21 persen. Untuk peningkatan Pemkab Pasaman terus berupaya,” pungkasnya. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]