Dua Kandidat Cawako Solok Unjuk Pasangan


Ahad, 12 April 2015 - 19:17:15 WIB
Dua Kandidat Cawako Solok Unjuk Pasangan

“Dari empat nama itu, tiga diantaranya sudah mendaftar ulang, yakni Zul Elfian, Rai­nier dan Yutris Can. Zul Elfian dan Rainier mendaftar ulang pada Sabtu (11/4) lalu. Mereka datang untuk mendaftar ulang sebagai satu paket pasangan cawako dan cawawako, yang dibuktikan dengan surat per­janjian di atas materai,” kata Hendra.

Sementara bakal cawako lainnya, yakni Yutris Can, juga telah melakukan pendaftaran ulang pada Minggu (12/4) kemarin. Yutris Can datang bersama AKBP (Purn), Zaini, yang juga hampir di­pasti­kan akan menjadi pen­dam­ping­nya menuju perang pe­rebutan kursi panas BA 1 P.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

“Dengan demikian, tinggal Ismail Koto yang belum mendaftar ulang. Kita masih akan menunggu hingga 24 April nanti,” kata Hendra.

Dikatakan, PBB hanya akan merekomendasikan kan­didat yang telah mendaftar ulang dan juga telah men­yerah­kan surat perjanjian ber­pa­sangan untuk selanjutnya di­daftar­kan ke KPUD. “Jika pasangan yang telah me­nanda­tangani surat perjanjian ber­pasangan itu pecah kongsi di kemudian hari, atau sebelum masa pendaftaran, maka PBB tidak akan mendaftarkan pa­sangan itu,” ujarnya.

Meski masih menyimpan tanda tanya besar, ka­rena me­mang belum mendaftarkan pa­sa­ngan­nya ke PBB Kota So­lok, namun infor­masi yang ber­kem­bang seputar sosok yang akan men­dam­pingi H. Ismael Koto, SH pada Pilkada Solok mendatang, juga mulai te­rendus. Ada­lah H. Sani Mari­ko, SH. MH, mantan anggota DP­RD Kota Solok tiga periode (1999-2014).

Admistal, salah se­orang tokoh masya­rakat Kota Solok yang di­hubungi Haluan ke­marin me­nilai, sosok Sani Mariko me­mang dianggap tokoh muda paling layak dan untuk me­lanjut­kan estafet ke­pe­mim­pinan di daerah penghasil beras itu.

“15 tahun menjadi wa­kil rakyat, Sani Mariko tentu su­dah sangat memahami kon­disi, kebutuhan dan dinamika ma­syarakat, serta dae­rah ini. Kalau memang Pak Ismael Koto belum me­nen­tu­kan pa­sangan, hemat kami Sani Ma­riko adalah pilihan yang paling pas. Kami yakin, duet ini akan mampu membara perubahan menuju Kota Solok yang lebih baik,” ujar Abak, panggilan Admistal.

Politisi Kota Solok, Rus­naldi, juga menekankan hal senada. Menurutnya, duet Is­mael Koto-Sani Mariko, me­rupakan kolaborasi ideal untuk memimpin Kota Solok lima tahun ke depan. “Saya rasa, mereka adalah pasangan ideal untuk Solok yang lebih baik,” ujarnya.

Terpisah, Sani Mariko yang dihubungi Haluan tadi malam mengaku, sejauh ini memang belum ada kesepakatan final antara dirinya dengan Ismael Koto, untuk maju sebagai satu paket pasangan bakal calon walikota/ wakil walikota Solok periode 2015-2020. Namun demikian, sejauh ini dirinya tetap menjalin komunikasi intensif dengan yang ber­sangkutan.

“Sejauh ini, komunikasi kami masih cukup bagus dan intens. Jika memang Allah SWT mentakdirkan kami ber­jodoh, Pak Ismael Koto me­milih saya dan masyarakat juga mendukung kami nantinya, Insya Allah bersama-sama akan kita wujudkan pem­baharu­an di daerah ini,” tandas Sani Mariko. (h/eri/yan)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]