Mahasiswa UBH Sosialisasikan Izin Usaha


Ahad, 12 April 2015 - 19:20:55 WIB
Mahasiswa UBH Sosialisasikan Izin Usaha

Wakil Dekan Fakultas Hu­kum Nurbeti saat pembekalan kepada mahasiswa KKN, Sab­tu (11/4) menerangkan kepada mahasiswa untuk memberikan penyuluhan kepada perangkat nagari mengenai hukum adat, penyalahgunaan narkoba hing­ga penyuluhan mengenai pen­tingnya izin pembuatan usaha yang legal dan cara membuat hak paten dari suatu produk.

“Khusus mahasiswa hu­kum dengan bekal ilmu yang telah diperoleh selama per­kuliahan dapat membantu dan memberikan pemahaman da­lam permasalahan hukum yang terjadi saat di lokasi KKN,” katanya.

Baca Juga : Hadiri Wisuda TK dan SMP Adz-Zikra, Wako Padang Hendri Septa Beri 'Reward'

Sementara itu, dosen UBH Hendra Suherman me­nga­takan, mahasiswa nantinya akan menjalankan tiga program selama KKN, yang ter­bagi atas program pokok, tam­bahan dan program bantu.

Disampaikan Hendra, program pokok merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa KKN-PPM yang sesuai dengan bi­dang ilmunya. Mahasiswa yang bersangkutan ber­tang­gung­jawab penuh atas program tersebut baik secara ilmiah maupun operasional. Untuk tahun 2015 ini mahasiswa KKN-PPM akan melak­sa­nakan minimal lima program.

“Misalnya untuk program pokok yaitu memberikan pe­mahaman kepada masyarakat tentang pembibitan, peme­li­haraan, dan penangkapan ikan untuk jurusan Budidaya P­e­rairan, mengadakan pe­ning­katan pemahaman UU Desa kepada masyarakat untuk ju­rusan Ilmu Hukum atau mem­perkenalkan metode ter­baru dalam proses pem­belajaran matematika bagi jurusan Matematika,” te­rang­nya.

Untuk program pokok tam­­bahan berupa program yang menjadi tanggung jawab seorang mahasiswa KKN-PPM di luar bidang ilmunya. Hal ini karena ada mahasiswa yang mem­pu­nyai ilmu dan ke­teram­pilan tambahan di luar bi­dang ilmu­nya. “Setiap ma­hasiswa tidak harus me­laksanakan program pokok tambahan. Program pokok tambahan maksimal adalah 1 program,” jelasnya.

Sedangkan untuk program bantu merupakan program ker­ja yang harus dikerjakan oleh setiap mahasiswa KKN-PPM yang bersifat hanya mem­bantu peserta KKN-PPM lain secara operasional yang nondisipliner. “Misalnya un­tuk program ban­tu gotong-royong pengerasan jalan dimana semua bidang kegiatan ma­hasiswa membantu me­ngum­pulkan batu dan me­ratakan jalan bersama-sama,” paparnya.

Seperti umumnya pada ke­giatan akademik yang lain, Hendra menyampaikan ke­giatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta juga wajib dipertanggungjawabkan secara ilmiah maupun secara ma­najerial melalui suatu bentuk laporan.  (h/rel/eni)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]