Pemko Jajali Usaha Kuliner Milik Warga


Ahad, 12 April 2015 - 19:21:48 WIB
Pemko Jajali Usaha Kuliner Milik Warga

“Kami akan terus me­num­buh­kan masyarakat yang kreatif di segala bidang untuk memajukan perekonomian keluarga dan Kota Padang,” kata Mahyeldi, Sabtu (11/4).

Baca Juga : Meski Ditutup, Pantai Padang Tetap Dikunjungi Wisatawan

Di bidang pertanian, lanjut walikota, sudah dicanangkan pe­manfaatan lahan-lahan kosong masyarakat untuk ditanami tana­man yang bermanfaat. Juga dengan membagikan berbagai jenis bibit tanaman kepada masyarakat untuk ditanam di pekarangan.

“Hal itu dilakukan guna me­ning­katkan ketahanan pangan ma­sya­rakat sekaligus menciptakan sumber-sumber ekonomi baru,” ujar Mahyeldi.

Baca Juga : Manambang, Tradisi Mencari THR saat Lebaran di Padang

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (Dispernakbunhut) Kota Padang Heryanto Rustam mengatakan, ada sebanyak 181 wirausaha di bidang agro yang telah dibina dan diberi bantuan modal serta bibit tanaman. Wirausaha ini tergabung dalam kelompok tani di kawasan yang disebut sebagai Zona Kreatif Bidang Agro, yaitu di Lubuk Minturun, Sungai Lareh, Air Tawar Barat, Belanti, Alai Parak Kopi, Belimbing dan Indarung.

“Di zona ini dikembangkan jenis tanaman yang bervariasi. Selain tanaman hias juga jenis holtikultura yang menghasilkan buah,” kata Heryanto.

Dari beberapa kawasan tersebut, jelas Heryanto, sebagian besar wirausaha terdapat di Lubuk Min­turun, yaitu sebanyak 69 pelaku usaha yang telah dibantu pihak provinsi dan pemko melalui dinas terkait dengan memberikan modal usaha membuka outlet tanaman hias serta bantuan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO).

“Kita berharap, wirausaha agro kreatif ini akan terus tumbuh dan memiliki kemapanan ekonomi seiring perhatian yang diberikan pemerintah,” kata Heryanto.  (h/ows)


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]