Dishubkominfo Masih Kesulitan Atasi Parkir Liar


Ahad, 12 April 2015 - 19:23:44 WIB
Dishubkominfo Masih Kesulitan Atasi Parkir Liar

Kondisi ini semakin parah dengan ken­daraan yang parkir di depan Halte Bus Trans Padang. Sehingga menyulitkan bus besar ini untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Kesadaran pengendara tidak kunjung ada, meskipun sudah seringkali dimarahi petugas Trans Padang.

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

Didi (34) salah seorang  yang memarkir kendaraan bermotornya di kawasan dilarang parkir itu, mengaku ia memarkir mengikuti kendaraan lainnya yang lebih dulu darinya.

“Kalau mau parkir, ya saya hanya mengikut saja dengan kendaraan yang memang sudah tertata. Kalau ada tanda dilarang parkir, saya tidak begitu perhatian,” ujar Didi.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

Ia melanjutkan, jika harus parkir di depan toko yang menjadi tujuannya, akan memakan waktu lama. Padahal dia hanya berhenti sebentar.

Menurutnya, jika mau menegakkan aturan ini, harus ada petugas yang mengawasinya setiap hari. “Masyarakat perlu diingatkan dan diawasi,” pungkasnya.

Sementara itu, di pasar-pasar satelit di Kota Padang, parkir liar juga menjadi salah satu faktor macet. Menurut Yuslam, salah seorang ojek di kawasan Pasar Banda Buek menyebutkan, penyebab utama kemacetan karena banyaknya pengendara yang sembarang parkir terutama di hari Selasa dan Sabtu.

“Selasa dan Sabtu itu hari balai di Pasar Banda Buek ini. Makanya ia sangat ramai pada hari ini,” kata Yuslam yang mengaku jadi tukang ojek sudah 3 tahun.

Sementara Kabid Angkutan Dishubkominfo Padang Jovi Satrios mengakui, untuk me­ngontrol pengendara yang parkir di tempat terlarang Kota Padang memang belum mampu dilakukan pihaknya sepenuhnya. Apalagi, jumlah kendaraan setiap hari selalu bertambah.

“Luas parkir tidak bertambah. Namun, di Khatib Sulaiman sudah kita coba awasi dan terbukti bisa tertib,” tutup Jovi Satrios. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]