YH dan MK Pimpin Golkar Sumbar


Ahad, 12 April 2015 - 19:39:20 WIB
YH dan MK Pimpin Golkar Sumbar

Dalam SK bernomor Kep 023-DPP Golkar-3-tahun 2015 ini, yang diterbitkan Maret lalu menyebutkan, H Yan Hiksas Datuak Tan Ali ditunjuk sebagai Plt Ketua Umum dan Muslim Kasim sebagai Ketua Harian.

Baca Juga : Lakukan Mutasi Besar-besaran, Hendri Septa: Penyegaran Birokrasi

SK yang di­­tan­da­ta­nga­­ni oleh Ke­tua DPP Gol­kar Agung Lak­so­no ini ju­ga me­nya­takan, Wa­kil Ketua DPD I Gol­kar Sumbar ada­lah Vasko Hu­seni, Sawir Ta­her, Zul­ke­nedi Said, Yus­man Kasim, Ris­man Sarangi dan Tris­mon. Kemu­dian, Plt Sekretaris DPD I Golkar Sumbar yakni Alirman Sori dan bendaharanya Syafnir.

Penerbitan SK ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Men­kum dan HAM yang menyatakan bahwa DPP bertugas untuk meng­ako­modir semua kader Golkar.

Baca Juga : Hendri Septa Kembali Lantik 194 Pejabat Eselon III dan IV

“Selain ini sudah dipu­tuskan oleh Men­kum dan HAM, ini juga menjadi ke­pu­tu­san Mah­ka­mah Partai. Ka­mi akan lak­sana­kan tu­gas yang dia­ma­nahkan yakni melakukan kon­­solidasi dengan DPD II di kabu­paten/kota,” jelas Plt Ketua DPD I Golkar Sum­bar, Yan Hiksas Datuak Tan Ali, di Padang, Minggu (12/4).

Menurutnya, langkah yang dila­kukan ini juga untuk persiapan Pilkada serentak. Dengan itu, Golkar Sumbar juga akan melakukan pen­jaringan untuk kader-kader yang berprestasi untuk maju sebagai Gubernur dan walikota/bupati.

Baca Juga : Walikota Padang Hendri Septa Terima 500 Paket Sembako bagi Petugas DLH dari BNI Wilayah 02 Sumbar Riau Kepri

Terkait dengan adanya per­pe­cahan yang terjadi di tubuh Golkar, Yan Hiksas berjanji akan berupaya untuk membangkitkan kembali kepercayaan masyarakat.

“Kemarin ini masyarakat me­nganggap ada dua kubu di tubuh Gokar, kini tidak ada lagi. Sekarang Golkar hanya ada satu,” tuturnya.

Baca Juga : Bangun Industri CPO dan Turunannya di Kota Padang, Hendri Septa Tinjau PT Padang Raya Cakrawala

Sementara, Ketua Harian DPD I Golkar Sumbar, Muslim Kasim menyebutkan, sebelum diturunkan SK Plt Kepengurusan saat ini, kepe­ngurusan yang sebelumnya ada di DPD I Sumbar telah habis masa jabatannya. Bahkan, kepengurusan tersebut telah habis pada bulan De­sember 2014 lalu. Dengan itu, akan kembali diadakan musyawarah dae­rah (Musda) dengan segera mung­kin sebelum Pilkada serentak dilaku­kan.

Ia juga mengatakan, untuk penja­ringan calon kepala daerah, dila­kukan pada awal bulan Mei men­datang. Dalam hal ini, partai akan melakukan penjaringan calon kepa­la daerah yang berpotensi. Meski demikian, pihaknya akan meng­­utamakan kader Golkar.

Kemudian, terkait putusan yang dikeluarkan oleh PTUN Jakarta, Plt Wakil Ketua Risman Siranggi me­nye­­butkan bukanlah menjadi ha­langan untuk melakukan kegiatan partai. Karena, dalam putusan sela tersebut hanya memutuskan untuk penundaan keputusan Menkum dan HAM bukan membatalkan.

“Pada dasarnya legalitas dan dasar hukum kita sudah jelas. Maka­nya, konsolidasi yang merupakan kegiatan partai kita lakukan. Dan kini, jelas keputusan tidak diragukan lagi,” tegas Risman.

Ia mengatakan, DPD II Golkar tidak perlu memberikan multitafsir terhadap putusan PTUN Jakarta. Karena putusan sela bukanlah putu­san akhir. Apa pun bunyi putusan PTUN nantinya, tetap akan ber­muara kepada putusan mahkamah partai.

Dimana, putusan mahkamah partai merupakan keputusan terting­gi dalam hal terjadinya per­masa­halan di internal partai.

Risman juga menambahkan, khusus untuk Pilkada, calon kepala daerah yang akan diajukan ke KPU adalah yang berada di bawah ke­pe­ngurusan Agung Laksono. Artinya, rekomendasi dari PP ditandatangani oleh Agung Laksono. Ini berlaku, baik untuk tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota. Khusus di Sumbar, pen­daftaran akan dibuka pada minggu terakhir April.

Sebelumnya, usai keluarnya putusan Mahkamah Partai Golkar, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memperkuat kepengurusan Agung dengan mengesahkan ke­pengu­rusan Partai Golkar yang diketuai Agung Laksono. (h/eni)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]