50 Persen UMKM Bergerak di Sektor Makanan


Senin, 13 April 2015 - 19:30:29 WIB
50 Persen UMKM Bergerak di Sektor Makanan

Lebih jauh Desra mema­parkan, lebih dari separuh UMKM di Kabupaten Solok bergerak di bidang makanan. Mayoritas dari mereka berda­gang di lokasi yang terpencar. Akibatnya konsumen sangat kesulitan untuk menemui ma­kanan tradisional atau maka­nan spesifik nagari yang ada di Kabupaten Solok.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Maka dari itu Pemkab So­lok melalui Dinas Koperindag dan UMKM memfasilitasi pedagang makanan untuk ber­dagang di satu lokasi. Ini dilakukan agar mudah dalam proses pemberdayaan dan me­mu­dahkan konsumen untuk mendapatkan makanan khas daerah Kabpaten Solok.

“Pasar kuliner ini untuk memberdayakan UMKM yang bergerak di bidang makanan. Mereka kita fasilitasi di satu tempat dengan menyediakan kebutuhan tempat kuliner yang representatif dengan beraneka ragam makanan khas Kabupaten Solok,” ujar Desra.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Pasar kuliner dengan me­man­faatkan GOR Batu Tu­pang  ini ternyata mampu mendorong minat pedagang UMKM untuk berpartisipasi. Setidaknya 16 tenda dan satu selasar penuh terisi. Mereka yang beraktifitas di 16 tenda dan satu selasar itu dibebaskan biaya selama satu tahun.Tenda dan selasar itu dibagun berkat partisipasi Bank Nagari, PT Semen Padang dan PT Tirta Investama (Aqua).

Sementara itu, Kepala Di­nas Koperindag dan UMKM Harwendi mengatakan, pelak­sanaan Pameran dan Laun­ching Pasar Kuliner, dilaksa­na­kan dalam rangka menjaring potensi Kab Solok di bidang kreatifitas aneka makanan, seni dan budaya serta produk ung­gulan yang ada.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

“Diharapkan dengan di­ada­kannya pasar kuliner ini, kita bisa mengetahui potensi Kabu­paten Solok dari segi aneka makanan, seni dan bu­daya serta produk-produk UMKM dan lain-lainnya,” katanya.

“Dari kegiatan ini nantinya akan kita ketahui, siapa yang akan mewakili Kabupaten Solok, untuk mengikuti iven pada tingkat provinsi, nasional maupun internasional, karena kita sudah punya referensi UMKM yang berpotensi, serta menjadi hiburan untuk masya­rakat,” ujar  Harwendi. (h/eri)

Baca Juga : Gubernur Minta Sumbar Jangan Lagi Masuk Zona Merah Covid-19

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]