DAS Batang Lunto Segera Dinormalisasi


Senin, 13 April 2015 - 19:39:33 WIB
DAS Batang Lunto Segera Dinormalisasi

“Penataan Sungai Batang Lunto ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dengan pemerintah Kota Sawahlunto tahun 2014,” kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Sawahlunto, Bibsan kepada Haluan Senin (13/4).

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Untuk pengerjaannya saat ini menunggu desain dari Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera V. Pengerjaan dilakukan dalam dua tahap, dimana untuk tahap satu tahun ini difokuskan pada perkuatan tebing sungai dengan melakukan pembangunan dam tebing sungai kiri dan kanan, pembuatan jalan inspeksi pedestrian serta peningkatan kualitas lingkungan disekitar DAS. Dan tahap dua nantinya ditahun 2016 akan dilakukan pengerjaan bendungan karet.

“Pengerjaannya dalam dua tahap, 2015 ini pengerjaannya difokuskan pada perkuatan tebing sungai. Untuk tahun 2016 pengerjaan bendungan karet,” sebut Bibsan.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Tujuan penataan ini, jelas Bibsan, adalah untuk lebih terjaganya keberlangsungan fungsi sungai, guna perlindungan sungai dan peningkatan kualitas lingkungan sungai, yang dampak akhirnya bisa sebagai tempat konservasi, air baku, irigasi, perikanan dan pariwisata.

“Untuk itu keberlangsungan sungai ini harus dijaga sehingga dapat berdampak pada peningkatan kualitas lingkungannya yang bisa sebagai tempat konsevasi, kesediaan air baku, irigasi bahkan untuk pariwisata,” jelasnya.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Bibsan berharap, normalisasi dan penataan ini menjadi prioritas utama sehingga langsung berdampak pada  kualitas lingkungan disekitar sungai baik bagi masyarakat maupun sebagai salah satu penunjang pengembangan objek wisata kedepannya. (h/mg-rki/hel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]