Paslon Kada Harus Kantongi SK DPP Parpol


Senin, 13 April 2015 - 19:41:04 WIB
Paslon Kada Harus Kantongi SK DPP Parpol

Benny Aziz tidak membantah, jika ma­salah ini menjadi be­ban tambahan bagi pa­sa­ngan calon yang akan maju dalam Pilkada men­datang. Apalagi parpol yang mengusung pasangan calon di Bukittinggi, harus berkoalisi karena perolehan kursi parpol tertinggi di DPRD  kurang dari 20 persen. Arti­nya, setiap pasangan harus mengantongi SK persetujuan DPP lebih dari satu atau seba­nyak partai koalisi.

Baca Juga : Kadis Dukcapil Kabupaten Pessel Lakukan Sidam ke Unit Kerja Layanan di Kecamatan

Febby Dt. Bangso, justru menjadi kandidat pertama yang menyampaikan berkas pendaftarannya sebagai calon walikota Bukittinggi kepada sejumlah DPP parpol di Jakar­ta. Langkah ini dilakukan Ketua DPW PKB Sumbar, didasarkan kepada UU Pilka­da No 8/2015, yang pada po­kok­nya, pendaftaran calon kepala daerah selain mendapat rekomendasi parpol di tingkat daerah, juga dikuatkan reko­mendasi DPP.

“Langkah ini saya lakukan, semata-mata memenuhi keten­tuan Undang-undang,” kata Febby Dt. Bangso kepada Haluan kemarin.

Baca Juga : Distanhortbun Laksanakan Rakor dan Evaluasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Triwulan I

Dalam hubungan ini, Febby Dt. Bangso telah me­nye­rahkan berkas pendaf­taran­nya sebagai bakal calon walikota Bukittinggi kepada DPP PKB, Partai Nasdem, PPP dan DPP PDI-P. Bahkan untuk DPP PKB sendiri, lang­sung memberikan dukungan kepada Febby sebagai calon kuat walikota Bukittinggi.

“Kita harus menaati dan menghormati Undang-un­dang.­ Sebab bagaimana pun, sesuai amanat UU tersebut, pihak DPP parpol seyogyanya mengetahui sejauh mana integ­ritas, kompetensi dan kean­dalan seorang calon kepala yang diusung partainya,” ujar Febby.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Bermanfaat Bagi Pengobatan Lansia

Dalam hubungan ini, Laj­nah Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PPP Bukittinggi, Andi Ardi kepada Haluan, membenarkan langkah yang dilakukan Febby Dt. Bangso sebagai calon walikota, yang menyerahkan berkas penca­lonannya kepada sejumlah DPP parpol di Jakarta, ter­masuk kepada DPP PPP. “Saya kira ini upaya yang baik dan cukup strategis bagi Febby yang akan maju sebagai salah seorang bakal calon walikota,” kata Andy Ardi. (h/sms)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]