Empat Orang Siswa Tidak Hadir UN


Senin, 13 April 2015 - 19:43:41 WIB
Empat Orang Siswa Tidak Hadir UN

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten, Agam, Fauzir didampingi Kepala Bidang SMP, SMA, SMK, Edi Yerman mengatakan, kegiatan ujian nasional pada tahun ini diikuti lebih kurang sebanyak 5.595 siswa, terdiri dari sebanyak 3.193 orang siswa SMA, sebanyak 878 orang siswa MA dan 1.524 orang siswa SMK.

Ia mengatakan, dari jumlah tersebut laporan yang masuk ada sekitar empat orang siswa yang tidak mengikuti UN, di antaranya adalah, sebanyak satu orang siswa SMA 2 Lubuk Basung, kemudian satu orang siswa MAN Pulai, Lubuk Basung dan dua orang siswa SMK 2 Sungai Jariang.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

“Sejauh ini kita hanya mendapatkan data empat orang yang tidak hadir. Siswa yang tidak hadir izin karena yang bersangkutan dalam keadaan sakit. Peserta yang tidak hadir bisa mengikuti ujian susulan,” jelas Fauzir.

Pelaksanaan UN hari pertama juga ditinjau langsung oleh Bupati Agam Indra Catri. Ia meninjau pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat, pada sejumlah sekolah antara lain SMAN I Ampek Koto, SMAN Matur, SMAN I Tanjung Raya dan MAN Koto Kaciak.

Kabid SMP, SMA, SMK, Edi Yerman menambahkan, kali ini para peserta dapat mengerjakan soal dengan tenang karena tidak ada lembaran soal maupun jawaban yang kurang seperti yang terjadi tahun lalu.

Begitupun dengan pengiriman lembaran jawaban hasil UN hari pertama berupa Bahasa Indonesia dan Kimia untuk jurusan IPA, Bahasa Indonesia dan Geografi untuk jurusan IPS ke provinsi juga aman dan lancar.

Dipaparkan Edi Yerman, penyelenggaraan ujian dilakukan secara manual, belum ada yang berbasis komputer. Untuk pengawas, diberdayakan pengawas ujian pada sub rayon I tingkat SMA  442 orang dan SMK  194 orang, sub rayo n II tingkat SMA dan MA  210 orang dan SMK 232 orang, pada sub rayon III untuk MA sebanyak 98 orang.

Sementara itu, usai meninjau pelaksanaan UN, Bupati Agam Indra Catri mengatakan, secara umum pelaksanaan UN berjalan dengan lancar, para siswa mengikuti ujian dengan baik. Selain itu,  tidak ditemukan persolan terkait dengan kekurangan soal ujian.

Ia juga berpesan kepada siswa agar tidak tergesa-gesa mengerjakan soal. Teliti dan baca soal dengan baik, apabila mengalami kesulitan kerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu. “Kita berharap peserta lulus seratus persen. Kami juga mengapresiasi orang tua dan guru telah mendorong anak-anak dalam mengikuti UN dengan baik,” jelasnya. (h/yat/ks)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]