Kunci Jawaban UN Beredar


Senin, 13 April 2015 - 20:19:43 WIB
Kunci Jawaban UN Beredar

“Kita belum bisa menye­butkan nama sekolahnya, hanya saja kita me­minta pihak se­ko­lah dan Dinas Pen­didikan ter­kait untuk mengusut hal ini,”  jelasnya.

Baca Juga : Aktifitas Balimau di Padang Dibubarkan Polisi

Dilanjutkannya, modus penyebaran lembar jawaban ini masih sama dengan pelak­sanaan UN tahun sebelumnya. Dimana dari pagi kunci jawa­ban ini telah beredar dan dise­barkan pada titik yang telah ditentukan. Sehingga siswa tinggal mengambil di titik yang ditentukan.

Untuk membawa ke dalam ruang ujian kata Yunafri, di­sem­bunyikan di tempat yang tidak akan diperiksa oleh pe­nga­was ujian seperti di dalam kaos kaki, baju dan bahkan ada di dalam celana dalam.

Baca Juga : Akibat Covid-19, Jumlah Pengunjung Museum Adityawarman Padang Hanya 17 Ribu Per Tahun

“Setelah lembar jawaban ini kita cocokkan dan ternyata sama, maka ada indikasi kebo­coran soal. Sehingga perlu adanya tindakan tegas dari sekolah dan dinas pendidikan terkait agar nantinya ini tidak terulang lagi,”  papar Yunafri.

Dihubungi terpisah, Ketua Panitia Pelaksana UN Sumbar, Bustavidia mengatakan, belum menerima informasi terkait dengan adanya penemuan foto kopi lembar jawaban oleh Ombudsman.

Baca Juga : Bulan Ramadan, Rutan Klas II B Padang Gelar Pesantren untuk Warga Binaan

Dinas Pendidikan dan Kebu­dayaan Sumbar berencana akan mengkon­firmasi kembali kepada Ombudsman terkait penemuan foto kopi lembar jawaban ini. “Apabila terbukti baru kita bisa tindak,” ujar Bustavidia.

Dikatakan Bustavidia, terkait dengan adaya indikasi kebocoran soal semua itu tanggung jawab sekolah. Karena dari edaran menteri soal yang telah didistribusikan ke sekolah itu tanggung jawab dan wewenang sekolah.

Baca Juga : Jelang Safari Ramadan, Hendri Septa Berikan Arahan Pada 66 Pengurus Masjid dan Musala

“Kita berharap dengan pelak­sanaan UN selanjutnya siswa tidak mudah percaya dengan rayuan dan kebenaran kunci jawaban yang bere­dar. Karena bisa dipastikan itu se­mua menyesatkan,” tutup Bustavidia.

UN di Pariaman Lancar

Hari pertama, Senin (13/4),  UN di sekolah-sekolah tingkat SLTA di Kota Pariaman berjalan normal, aman dan lancar, diikuti 1.686 siswa SMA/MA dan 1.041 siswa SMK.

Dari hasil monitoring yang dilaku­kan tim pemantau, seperti tim yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Pendi­dikan Kota Pariaman, Efirizal, mewa­kili Walikota Pariaman de­ngan sejum­lah anggota lainnya,  mengun­jungi  SMA 1, SMA 2, SMK 2, SMK 3.

Mengenai kehadiran siswa di hari pertama UN, tidak ada masalah, siswa hadir semua, bahkan ada siswa yang sedang sakit atau demam, diantar orang tuanya untuk ikut UN.

Begitupun terhadap pendistri­busian soal ujian ke siswa, berjalan aman dan lancar, tidak ditemui lem­baran-lembaran soal yang kurang.

“Hingga tengah hari selesainya pelaksanaan UN hari pertama itu, belum ada laporan ketidak beresan soal UN, dan ini berarti pelaksanaan UN berjalan lancar,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pariaman itu menjawab Haluan di ruang kerjanya usai pelaksanaan moni­toring UN, ke sejumlah sekolah.

Disebutkan Efirizal, siswa Kota Pariaman yang berhasil lulus UN, diterima di perguruan tingi negeri hanya 35%, kini ditargetkan di atas 50%.

UN di Padang Panjang

Pelaksanaan UN hari pertama di Kota Padang Panjang  juga berjalan lancar. Walikota H Hendri Arnis ketika meninjau pelaksanaan UN di  SMA 1 mengharapkan Padang Pan­jang terbaik dalam kelulusan siswa di Sumbar.

Pemantauan ke berbagai seko­lah, dilakukan beberapa tim dari Pemko Padang Panjang. Antara lain dipim­pin Walikota H. Hendri Arnis, Wakil Walikota H. Mawardi, Asisten Peme­rintahan Sonny B Putra, Kadis Pendi­dikan Desmon dan Staf Ahli Kema­syarakatan Emil Emir El­maulid.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang Desmon  menga­takan,  UN tingkat SLTA se Kota Padang Panjang diikuti sebanyak 2238 siswa terdiri dari SMA 886 siswa, Madrasah Aliyah 618 siswa dan SMK 734 siswa. Ujian diawasi oleh 490 pengawas yang terdiri pengawas dinas,  aparat ke­polisian dan dibantu majelis guru. (h/mg-isr/tri/one)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]