Pemerintah Tingkatkan Kapasitas Perajin


Selasa, 14 April 2015 - 18:40:12 WIB
Pemerintah Tingkatkan Kapasitas Perajin

Menurutnya, pembinaan terhadap pengrajin dilakukan langsung ke kelompok peng­rajin atau dengan mengundang langsung pengrajin ke Painan. Mereka diberikan pem­bekalan teknik dan pengembangan motif batik tanah liek dan sulaman bayangan.

Baca Juga : Pakai BPJS Kesehatan, Antisipasi Apabila Sakit

“Peningkatan kapasitas juga dilakukan secara intens lewat pembinaan PKK di­tingkat ke­ca­matan. Karena pembina PKK di kecamatan lebih mu­dah dan dekat ke kelompok-kelompok pelaku kegiatan,” kata Wartawati Nasrul Abit.

Terakhir menurutnya, pe­merintah telah mengaktifkan kembali workshop Dekra­nasda Pessel. Workshop terse­but sangat berperan penting untuk meningkatkan kapasitas pelaku kerajinan.

Baca Juga : Mubaligh: Perbanyak Taubat Selagi di Bulan Ramadhan

Ia menyebutkan, dari sisi pemasaran dinas yang dipim­pinnya juga memberikan pe­ngetahuan tentang strategi pemasaran. “Termasuk men­do­rong terbentuknya koperasi bagi pelaku usaha dimaksud,” katanya.

Menurutnya, batik tanah liek memiliki prospek pasar yang sangat bagus. Untuk kebu­tuhan daerah saja menurutnya, pengusaha batik kadang kewa­lahan memenuhi permintahan.

Baca Juga : Berbuka Puasa Sembari Menikmati Nuansa Tepi Bukit dengan Pemandian Air Panas Alami di Solsel

“Belum lagi permintaan dari luar. Batik tanah liek telah menembus pasar Singapura dan pasar negara tetangga lainnya. Begitu pula sulaman bayangan khas Pesisir Selatan juga tinggi dinegara tetangga,” ujarnya.

Darmawati (38), salah seo­rang pengrajin sulaman banya­ngan di Barung Barung Balan­tai, Kecamatan Koto XI Taru­san, menyebutkan, pembe­kalan yang senantiasa diberikan De­kranasda dan pemerintah ka­bu­paten telah mampu men­dorong kreatifitas pengrajin dengan mutu produksi yang baik. (h/har)

Baca Juga : Terapkan Prokes Ketat, Pesantren Ramadan Kembali Digelar Pemko Padang Panjang

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]