KUA Lintau Buo Jadi KUA Percontohan


Rabu, 15 April 2015 - 18:58:23 WIB
KUA Lintau Buo Jadi KUA Percontohan

Pada Senin (13/4), tim penilai dari Kanwil Kemenag Sumbar mengunjungi kan­tornya di kawasan Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo untuk penilaian lapangan.

Baca Juga : Sekolah jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Sumbar

Wabup Irdinansyah Tar­mizi bersama Kepala Kanke­menag Tanah Datar H. Mali­kia, MA dan pejabat keca­matan serta aparat pemerintah nagari menerima kedatangan tim penilai ini dengan serang­kaian kegiatan penyambutan, yang meriah dan penuh se­mangat.

Kedatangan Ketua Tim Drs. H. Damiri Tanjung, MA bersama Anggota Timnya H. Abrar Munandar, M.Ag.  H. Edison, MAg,  H. Epi Yusbar, S.Ag. dan H. Rinaldi MM diterima hantaran sekapur sirih dan tari pasambahan oleh anak nagari.

Baca Juga : Kendalikan Banjir Sungai Batang Lembang Solok, Pemprov Butuh Bebaskan 2,5 Hektare Lahan

Kepala KUA Lintau Buo Zulfahmi Abrar menyampai­kan ucapan terima kasih atas kepercayaan dari pemerintah daerah dan Kemenag Tanah Datar mewakili ke ajang KUA percontohan.

Sekilas KUA Lintau Buo untuk Simkah KUA ini telah melaksanakan bagi peristiwa nikah yang berjumlah 10-15 tiap bulannya. Juga telah me­lak­sanakan tes urine bagi calon membelai perempuan, serta melakukan isbah nikah de­ngan sidang keliling.

Baca Juga : Pemkab Padang Pariaman Raih Nilai SAKIP B

Pada kesempatan itu dua orang pemuka masyarakatnya Abdul Wazib dan H. May menyatakan bahwa program dan pengabdian yang dilaku­kan oleh Zulfahmi Abrar sela­ma dua tahun lebih di Lintau Buo dirasakan dan didukung penuh oleh masyarakat, serta terlaksana dengan baik.

Keduanya senada menye­but bahwa warga Kecamatan Lintau Buo berharap agar Zulfahmi bisa menjadi KUA terbaik dan  menjadi utusan Sumbar pada iven serupa ting­kat nasional.

Baca Juga : Pasa Pabukoan Masjid Tablighiyah Garegeh, Bangkitkan Gairah Ekonomi Masyarakat

Kepala Kankemenag me­ngatakan karena kiprahnya dan kinerjanya, Kepala KUA ini berhasil menyisihkan 14 KUA lainnya di Tanah Datar, hal ini berdasarkan atas sejum­lah ukuran penilaian, seperti pelaksanaan administrasi yang bagus, dimana telah melak­sana­kan simkah online.

Sementara, untuk program kegiatan keagamaan didukung dengan tingginya partisipasi warga, serta mampu menjalin kerjasama yang kuat dengan stokeholdersnya di kecamatan.

“Dengan kinerja tinggi yang membaik, ia merangkul seluruh kalangan untuk ber­buat bersama masayarakat di Kecamatan Lintau Buo,” kata Malikia.

Menurutnya, sejak tahun 2011-2013 kepala KUA dari Tanah Datar telah berhasil meraih prestasi tingkat Sum­bar, namun selama tiga tahun berturut-turut hanya meraih juara dua. Untuk kali ini Mali­kia berharap bisa menjadi pemuncak hingga mampu me­nembus Istana Negara nan­tinya.

Hal yang sama juga ditam­bahkan oleh Irdinansyah, yang menyatakan bahwa masya­rakat Tanah Datar merindukan agar kepala KUA ini mampu jadi terbaik di Sumbar, karena prestasi dan programnya.

Wabup mengutarakan bah­wa apa yang telah diperbuat dan dilakukan Zulfahmi meru­pakan jabaran  dari visi dan misi Pemkab untuk melak­sanakan program dengan kon­sep ABS-SBK.

“Konsep dari ABS-SBK telah dilaksanakan dengan maksimal dan baik oleh Ke­pala KUA ini,” timpal Irdinansyah.

Ketua Tim Penilai me­ngatakan bahwa bila penilaian dihentikan pada saat ini, tentu Zulfahmi akan jadi juaranya, namun rangkaian penilaian lapangan harus dilakukan agar melihat fakta sebenarnya.

Katanya, Zukfahmi telah mampu menggugah mas­ya­rakat untuk melaksanaian ke­hidupan beragama dengan komitmen kuat, dan telah maksimal dalam pelayanan pada masyarakat.

Zulfahmi sendiri telah mengurus umat pada empat nagari di kecamatan arah selatan  ini, yang memiliki11 mesjid, 63 surau, 7 mushala serta 73 TPA/TPSA. Kegiatan yang dilaksa­na­kan, di anta­ranya magrib mengaji,  pem­binaan keluarga sakinah, ke­mes­jidan, dan aktifitas Islami lainnya. Demikian dengan potensi zakatnya telah meng­himpun Rp 22 juta per bulan.

Bagi Pemerintah Tanah Datar setiap penialian lomba tidak perlu dilakukan mani­pulasi data untuk mengejar  juara, akan tetapi yang perlu ditampilkan  bukti-bukti yang nyata saja.

Akan tetapi apabila di­dalam penilaian oleh tim pe­nilai melihat benar adanya kelebihan yang dimiliki pe­serta lomba dari daerah lain yang pernah dinilai maka maka berikanlah juara itu kepada KUA Lintau Buo, harap wa­bup Irdinansyah. (h/ans)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]