IAIN Bukittinggi Buka Jurusan Filsafat Agama


Rabu, 15 April 2015 - 19:00:32 WIB
IAIN Bukittinggi Buka Jurusan Filsafat Agama

“Informasi resmi pendaftaran ini dapat diakses di www.iainbukittinggi.ac.id,” ujar Rektor IAIN Bukittinggi Dr. Ridha Ahida, Rabu (15/4).

Baca Juga : Perdagangan Miras, Pemkab Solsel Telah Melarang Secara Aturan

Ridha Ahida menjelaskan, Jurusan Filsafat Agama ini secara khusus memiliki keahlian dalam bidang filsafat agama Islam, sehingga dapat berpikir kritis dan bijaksana dengan tujuan memperkuat pemahaman keagamaan, memberikan penjelasan dan pemahaman tentang Islam baik secara lisan, tertulis maupun amalan, dan ahli dalam menganalisa sebuah persoalan secara tepat.

Dijelaskannya bahwa lulusan jurusan itu bisa berkarir menjadi seorang dosen filsafat, biro kerohanian Islam pada rumah sakit Islam, pegawai di instansi pemerintah tingkat pusat dan daerah, psikoterapis berbasis agama, analisis rekrutmen karyawan perusahaan, biro layanan survei pengambilan kebijakan publik, peneliti, penulis buku, pengamat profesional, trainer profesional, muballigh, politisi, dan pengusaha.

Baca Juga : Sumbar Bakal Konsumsi Produk Organik Nutrisi Alami Laa Roiba

Ridha Ahida juga menjelaskan, salah satu alasan untuk membuka Jurusan Filsafat Agama ini didasari atas maraknya tindakan kekerasan yang mengatasnamakan agama Islam yang disebabkan dari kekeliruan cara berpikir dalam memahami ajaran Islam.

Menurutnya, Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW yang kemudian dipahami serta diamalkan oleh para sahabat, para tabi’in (generasi setelah para sahabat Rasulullah SAW), dan generasi berikutnya adalah Islam yang moderat.

Baca Juga : Selama Bertugas Jadi Gubernur Sumbar, Mahyeldi Tak Ingin ASN Pemprov Terlibat Kasus Hukum

Ridha menilai, istilah Islam yang moderat merujuk kepada Islam dengan takaran yang tepat dan tidak berlebih-lebihan, namun juga tidak asal-asalan.

“Islam yang berada di posisi tengah atau berada di antara dua titik ekstremitas adalah Islam yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Istilah yang tepat dipakai adalah Islam itu moderat, bukan Islam moderat,” ungkap doktor filsafat itu. (h/wan/ril)

Baca Juga : Isi Galeri di Pekanbaru, Disperindag dan UKM Pariaman Siapkan 100 Kodi Mukena Tiap Bulan

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]