Warga Sidomulyo Desak Plt Gubri Cabut SK


Kamis, 16 April 2015 - 18:35:31 WIB
Warga Sidomulyo Desak Plt Gubri Cabut SK

Bambang Rumnan, selaku pengacara se­kaligus juru bicara pendemo menyampaikan terkait sejumlah persoalan yang dirasakan warga Si­domulyo Timur, akibat adanya SK Gubernur Riau Kpts.297/III/2011.

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

Menurut Bambang, tidak ada pilihan selain meminta kepada Plt Gubri untuk mencabutnya. Pasalnya, jika SK Gubernur Riau Kpts.297/III/2011 itu tidak dicabut, begitu banyak hak-hak warga yang “terampas”, salah satunya tidak dikeluarkannya IMB. Padahal, lahan pen­cadang­an seperti yang disebut TNI-AU selama ini, seribuan warga Sidomulyo Timur justru jauh lebih dahulu tinggal di sana.

Plt Gubri ketika menanggapi aspirasi yang disuarakan pendemo itu, mengajak agar warga bersabar. Hal itu, justru disalah artikan pendemo dengan menolak ajakan tersebut. Tetapi Plt Gubri kembali melanjutkannya dengan alasan karena pertemuan ini baru kali pertama.

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

Tidak berapa lama, sejumlah perwakilan dari seribuan pendemo akhirnya diterima untuk berdialog menyelesaikan persoalan SK Gu­bernur Riau tersebut. Plt Gubri janji akan berusaha mencarikan solusi atas persoalan konplik lahan antara warga Sidomulyo Timur dan TNI-AU.

Sejak pagi sekitar pukul 09.00 WIB, sebelum akhirnya ditemui Plt Gubri, para demonstran mengancam akan menginap. “Kalau tidak ditemui, kami akan terus bertahan di sini meski harus menunggu hingga beberapa hari ke depan,” ungkap salah seorang demonstran.

Baca Juga : Kunjungan Kerja ke Sumbar, Sandiaga Uno Ingin Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Segera Bangkit

Bambang Rumnan, selaku pengacara se­kaligus juru bicara pendemo mengatakan, pihaknya hanya memberikan dua pilihan kepada Gubri. “Batalkan SK itu, atau carikan kami lahan baru,” tandasnya.

Menurutnya, warga Sidomulyo Timur sudah sering menerima janji-janji mulai dari mem­fasilitasi dan memperjuangkan nasib warga. Tapi faktanya, sampai saat ini tak kunjung ada buktinya. “Kami sudah muak diberikan janji-janji. Pokok­nya pilihannya Cuma dua itu,” ujar Bambang. (hr)

Baca Juga : Kolam Pemandian Hotwater Boom Solsel Tetap Buka, Satpol-PP Gelar Patroli

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]