11,5 Hektare Areal Pertanian Terserang Hama Wereng


Kamis, 16 April 2015 - 18:38:36 WIB
11,5 Hektare Areal Pertanian Terserang Hama Wereng

Ia menjelaskan, kejadian itu sangat merugikan petani, sebab sebelumnya areal per­tanian masyarakat seluas 20 hektare juga terserang hama tikus. Hama tikus tersebut sudah bisa diatasi dan hanya tinggal beberapa tempat saja. Tetapi sekarang malah hama wereng pula yang datang.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

Menurutnya, padi yang diserang oleh hama wereng berusia sekitar satu sampai dua bulan, namun kondisinya su­dah cukup meng­kha­watir­kan.­Kejadian ini sudah ia sam­paikan kepada Dinas Per­tanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Agam.

Alhamdulillah tim pengendalian hama penyakit dari Kabupaten Agam dan Provinsi Sumatera Barat telah memberikan penyuluhan cara penanggulangan hama wereng tersebut, pada Selasa (14/4), kemarin. Termasuk mem­be­rikan bantuan obat pertisida untuk mengatasi hama wereng itu,” ucapnya.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

Sekretaris Dinas Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Agam Arif Restu didampingi Koordinator Pengendalian Hama Penyakit Kabupaten Agam, Asmardi, mengatakan, tim untuk pe­ngen­dalian hama sudah dike­rahkan. Pihaknya juga mem­berikan bantuan alat pe­nyem­prot hama, dan obat peptisida jenis gerbera.

Dikatakan Arif, hama we­reng bisanya menyerang padi yang tidak tahan hama seperti IR 42. Oleh sebab itu petani disarankan agar menanam jenis padi yang lebih tahan dengan serangan hama wereng antara lain, padi batang pia­man, dan IR 64. (h/yat)

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]