Dirjen Kementan RI Tinjau Pasar Ternak


Kamis, 16 April 2015 - 18:39:35 WIB
Dirjen Kementan RI Tinjau Pasar Ternak

Sebelum melakukan tanya jawab dengan para kelompok tani, Dirjen berkesempatan untuk meninjau lapangan seka­ligus pendayagunaan bantuan yang telah diberikan Dirjen PPHP Kementrian Pertanian selama ini kepada Kabupaten Tanah Datar.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

“Limbah ternak yang digu­nakan untuk pupuk tanaman sangat menguntungkan dalam meningkatkan taraf hidu para petani dan peternak. Limbah berupa kotoran sapi mampu diolah menjadi pupuk organik dan Biogas,” ungkap Anjar Rohani.

Disamping itu Lanjutnya, ternak juga berintegrasi dengan tanaman tebu sehingga mampu menghasilkan gula merah se­perti yang sudah kita kunjungi di Nagari Pandai Sikek.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Memanfaatkan limbah un­tuk pakan juga dapat berman­faat bagi hewan peliharaan seperti sapi, kambing dan se­bagainya, keterlibatan peru­sahaan perkebunan dalam pengembangan sistem per­tanian integrasi tanaman ter­nak dapat mengefisiensi pro­ses produksi dan mening­kat­kan daya saing daging sapi lokal, sebutnya.

“Dengan menganalisis per­ki­raan potensi tambahan kapa­sitas tampung ternak dengan pengembangan integrasi tana­man dan ternak, kemudian mengidentifikasi potensi wila­yah pengembangan baru usaha sapi potong berbasis sum­berdaya pakan lokal, kelaya­kan usaha pada berbagai pola pertanian dan mengi­dentifi­kasi kendala pengembangan berbagai pola pertanian yang terintegrasi antara tanaman dengan ternak.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Sementara itu Kepala Di­nas Peternakan, Daryanto Sa­bir sekaitan dengan keluhan pedagang ternak kambing keti­dak adaan los kambing di pasar ternak tersebut, mengatakan, Pemkab Tanah Datar tahun 2015 ini akan membangun los kambing di pasar ternak ini. “Anggaran pun telah kita alo­kasikan untuk pembangu­nan­nya, Insya Allah akan dibangun Tahun 2015 ini, setelah nanti dibangun pasar ternak ini akan lebih refresentatif dan ke­nyamanan pun akan lebih baik,” sebut Daryanto. (h/fma)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]