TV Kabel Bermunculan, KPID Berikan Pengawasan Ketat


Kamis, 16 April 2015 - 19:02:00 WIB
TV Kabel Bermunculan, KPID Berikan Pengawasan Ketat

Ketua Komisioner KPID Sumbar, Afrianto Korga ke­pada wartawan mengatakan, rekomendasi ini tahap awal perizinan suatu lembaga pe­nyi­a­ran. Keluarnya izin reko­mendasi kelayakan tersebut diawali dengan Evaluasi De­ngar Pendapat (EDP) dengan masyarakat setempat dan para tokoh di dalamnya bersama manajemen PT Sultan Cable Televisi Industri pada 26 Maret lalu di Lintau.

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

“Dalam EDP tersebut ter­dapat saran atau masukan dari masyarakat terhadap program yang tengah disiapkan dan dipresentasikan oleh lembaga penyiaran kabel itu. Beranjak dari EDP itu, maka ko­misioner KPID melakukan rapat pleno dan diputuskan diberikan re­komendasi kelayakan,” ujar Afrianto.

Ketua Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran (Perizinan), Ardian di­dam­pingi Koordinator Struktur dan Sistem Siaran, Yumi Ari­yati mengatakan, rekomendasi kelayakan tersebut adalah awal menuju perizinan. Itu sesuai amanat UU No. 32 tahun 2002 tentang penyiaran pasal 33 ayat 1 yang menyebutkan, sebelum menyelenggarakan penyiaran wajib mendapatkan izin penyiaran.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

Setelah keluar reko­men­dasi kelayakan ini akan di­lanjut­kan ke Komisi Penyiar­an Indonesia (KPI) pusat dan Kementerian Informasi dan Informatika (Kominfo) RI. Setelah itu baru dikeluarkan izin sementara oleh Keminfo selama satu tahun untuk TV dan enam bulan untuk radio. Dikatakannya, lembaga pen­yiar­an itu harus menyiarkan sesuai dengan program yang telah ditetapkan dan ditambah masukan dari masyarakat.

Koordinator Pengawasan Isi Siaran, Rino Zulyadi me­nambahkan, Kominfo rapat bersama dulu untuk menge­luarkan izin sementara itu, setelah melengkapi proposal dengan memasukan saran ma­sya­rakat. Kemudian, setelah satu tahun dikeluarkan izin sementara ujicoba siaran, lalu dievaluasi  bersama Kominfo, KPI Pusat dan KPID Sumbar. Setelah dinyatakan layak dan lulus Evaluasi Uji Coba Siaran (EUCS) baru dikeluarkan izin tetap dengan jangka waktu 10 tahun untuk TV. Namun, bila untuk radio izinnya jangka waktu lima tahun.

Pada tempat yang sama, penanggung jawab usaha PT Sutan Cable Telivisi Industri, Arizal mengatakan, sangat senang keluarnya reko­mendasi kelayakan tersebut. Pada EDP lalu, PT Sutan Cable Televisi Industri menerima masukan dari masyarakat. Seperti jangan hi­buran saja, namun juga me­masu­kan pendidikan dan ke­budayaan dan adat istiadat di nagari.

Dikatakannya, lembaga penyiaran tersebut beralamat Jalan Raya Lintau, Jorong Tago Palange, Nagari Pangi­an, Ke­camatan Lintau Guo, Tanah Datar. Dia menargetkan, se­banyak 200 hingga 300 pelang­gan pada awal beroperasi nan­ti­nya setelah keluar izin siaran tetap. (h/ows/rel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]