Petahana Paling Berpeluang Manfaatkan ASN


Kamis, 16 April 2015 - 19:03:43 WIB
Petahana Paling Berpeluang Manfaatkan ASN

Menurutnya, pada salah satu pasal dalam UU tersebut ditegaskan, ASN harus mu­n­dur ketika dia mendaftarkan diri menjadi calon legislatif, calon kepala daerah, atau calon wakil kepala daerah. “Aturan ini tidak bisa ditawar-tawar,” ujarnya.

Baca Juga : Manambang, Tradisi Mencari THR saat Lebaran di Padang

Dia mengatakan, dirinya sebagai calon petahana dalam Pemilu Kepala Da­e­rah (Pil­kada) Gubernur Sum­bar 2015, sebenarnya paling berpeluang untuk memanfaatkan ASN untuk kepentingan politik. “Namun saya tidak akan me­lakukan itu karena melanggar UU,” katanya.

Irwan mengaku telah men­yampaikan hal itu kepada ASN di Sumbar dalam berbagai kesempatan. “Saya selalu tegas­kan, ASN harus netral dalam Pilkada,” katanya.

Baca Juga : Hari Ketiga Lebaran, Jalanan Kota Padang Lengang

Dikatakan, jika kedapatan ada ASN yang masih mencoba bermain, akan diberikan san­ksi yang tegas. “Sebelumnya kami telah pernah berikan sanksi pada ASN Pemprov Sumbar yang kedapatan ikut politik praktis,” katanya.

Kecenderungan Petahana

Terpisah, pengamat politik Unand Padang, Asrinaldi, juga mengingatkan agar ASN mam­pu menjaga netralitas dan tidak terlibat politik Pilkada se­rentak mendatang. “ASN harus bebas dari kepentingan politik, tugasnya adalah menjalankan kewajiban yang diberikan oleh negara,” kata Asrinaldi.

Dikatakan, keterlibatan oknum ASN dalam politik akan selalu mendapat ujian, dikarenakan posisinya bekerja pada kekuasaan. “Agar terlibat politik, ada ASN yang di­janji­kan jabatan tertentu saat calon yang didukung terpilih. Dan yang paling berpeluang untuk ini, kecenderungannya ada pada bakal calon petahana,” katanya.

Selain itu, oknum ASN yang merasa khawatir akan disingkirkan dari suatu ja­batan, juga bisa terlibat dalam dukung mendukung calon. Seharusnya tidak perlu kha­watir, karena kepala daerah dilarang memberhentikan at­au memindahkan seorang pejabat yang menduduki suatu jabatan sebelum genap dua tahun, sesuai amanah Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. (h/yan/ant)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]