DPRD Sawahlunto Belajar ke Riau


Jumat, 17 April 2015 - 18:28:36 WIB
DPRD Sawahlunto Belajar ke Riau

Dikatakan Emeldi bahwa kun­jungan kali ini merupakan yang kedua kalinya, yang langsung berada di bawah bidang pendi­dikan yakni komisi I. “Kita hanya bertukar fikiran khususnya dalam pelaksanaan program pendidikan. Memang dulu kita juga pernah berkunjung ke sini, sebelum kita membuat Peraturan Daerah (Per­da) tentang pendidi­kan, setelah  Perda itu dibuat dan diterapkan di Sawahlunto, kali ini kita kembali datang untuk saling bertukar informasi mengenai pelaksanaan Perda tersebut,” jelas­nya.

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

Dengan sharing dan informasi yang dapatkan diharapkan bisa diterapkan di Sawah Lunto. “Jadi sekarang kita belajar, baru diterap­kan. Jadi kalau dulu orang Riau belajar ke Sumbar, sekarang Sum­bar yang belajar ke Riau,”­papar­nya.

Emeldi juga sangat mengap­resiasi terhadap program pengem­bangan pendidikan guru, yang telah dilakukan oleh Disdikbud Riau selama ini. Hanya saja, keterbatasan dana yang menjadi kendala dalam pelaksanaannya. “Kita memiliki APBD Rp265 Milyar dan untuk Pendidikan dialokasikan sebesar Rp29 Milyar yang disesuaikan dengan UU. Alhamdulillah kita sudah bisa mencapai realisasinya,”ujarnya.

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

Hal senada juga ditambahkan Ketua Komisi I, Epy Kusnadi SH, mengatakan bahwa kalau keda­tangan mereka ke Disdikbud Riau lebih banyak kepada melakukan sharing informasi tentang dunia pendidikan, Provinsi Riau, seperti ingin mengetahui tentang pengang­garan bidang pendidikan ini oleh Provinsi Riau, dan program lain­nya.

“Kita juga saling bertukar informasi mengenai program pendidikan ini, dari sini nanti kita harapkan bisa terus menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai program pendidikan di kedua daerah, mana yang bisa kita contoh, akan kita laksanakan di Sawah Lunto, begitupun oleh Disdikbud Riau ini, mana prog­ram kita yang dinilai bisa dilaksa­nakan di Riau ini, ya, silahkan dilaksanakan,” pungkasnya.

Sementara Kepala Disdikbud Riau Dwi Agus Sumarno menye­but, dari pertemuan yang dilaku­kan, hal utama yang menjadi perhatian oleh Ketua dan anggota DPRD Sawah Lunto itu adalah terkait sistem pelayanan public yang dilakukan Disdikbud Riau yang telah menggunakan layanan satu pintu. Mulai dari sistem administrasinya, penganggarannya hingga pembelanjaannya dan laporannya. Termasuk dengan visi dan misi disdik Riau, jadi inilah yang menjadi salah satu bentuk hal yang menjadi daya tarik bagi propinsi tetangga. (hr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]