Pemko Padang Rehabilitasi 300 Rumah Warga


Jumat, 17 April 2015 - 18:57:07 WIB
Pemko Padang Rehabilitasi 300 Rumah Warga

Ia mengatakan 300 rumah yang akan direhab, dananya bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Baca Juga : H-6 Lebaran, Pantai Purus Padang Sepi Pengunjung

“Melanjutkan program Walikota Padang yang menar­getkan pembedahan 1.000 unit rumah setiap tahunnya. Tahun ini juga akan diusa­hakan mencapai target terse­but, sementara ini baru 300 unit rumah yang akan segera  direhabilitasi,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, meto­de re­habilitasi rumah yang akan dilakukan Pemko Pa­dang ma­sih sama dengan me­tode pada tahun se­be­lum­nya. Dimana, setiap unit rumah akan diberi bantuan sebesar Rp10 juta, namun dana tersebut akan disatukan dalam satu rekening kelompok yang terdiri dari 9 atau 10 penerima man­faat bantuan.

Baca Juga : Irawati Meuraksa Serahkan Donasi Spensa Peduli di SMP Negeri 1 Padang

“Seperti tahun sebelumnya, nanti para penerima manfaat akan bekerja secara gotong royong (goro) di dalam k­e­lompok penerima masing-masing. Karena Jumlah ter­sebut tidak cukup untuk mem­bayar upah tukang sehingga metode goro amat sangat me­ringankan. Seperti tahun lalu,” lanjut Martias.

Soal sebaran rumah, Mar­tias menjelaskan, ia sudah melakukan survei ke lapangan sejak tahun lalu (2014). Se­baran lokasi tidak ditentukan, artinya setiap rumah yang membutuhkan bantuan reha­bilitasi, dapat menjadi peneri­ma man­faat RS-RTLH.

“Saat ini sudah seribuan proposal yang berada di daftar tunggu penerima RS-RTLH. Kita berharap mereka bisa bersabar, Pemko Padang terus mengusahakan dana untuk rehabilitasi rumah tersebut,” tutupnya. Pemko Padang juga me­ngajak seluruh masyarakat untuk memantau proses re­habilitasi yang dilakukan se­cara goro oleh penerima ma­n­faat, agar bantuan tidak di­selewengkan untuk keper­luan lainnya. (h/mg-isq)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]