Asma, Penyakit Turun Temurun


Ahad, 19 April 2015 - 18:05:20 WIB
Asma, Penyakit Turun Temurun

Sakit asma yang ber­lang­sung terus-menerus bertahun-tahun lamanya, menyebabkan kerusakan dari paru-paru dan kelemahan dari jantung. Sera­ngan asthma sangat mendadak dan disebabkan karena:

Baca Juga : Selama Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik Hingga 49%

1. tidak tahan terhadap perubahan hawa udara yang kurang cocok, misalnya dingin dan lembab.

2. Tidak tahan terhadap debu, terutama yang mengan­dung kotoran atau bulu dari hewan atau burung.

Baca Juga : Wajib Tahu, Saat Ekor Kucing Mendadak Mengembang Artinya Begini

3. tidak tahan terhadap bau-bauan yang tidak cocok, misalnya, bau bensin, kompor minyak tanah, kemenyan, dll

4. depresi/Stress

Penderita mendadak me­rasa sesak nafas dengan sedikit batuk-batuk tanpa me­nge­luarkan lendir dan nafasnya bersuara ngiik terutama pada saat menghembuskan n­a­fas­nya. Karena merasa sesak penderita terpaksa duduk dan mengeluarkan banyak keringat dingin. Selesai sesaknya ia merasa lelah sekali dan batuk­nya dapat mengeluarkan len­dir yang pekat, putih jernih. Penyakit asthma tidak disertai demam, jika ada demamnya pasti ada penyakit lain di­samping asma.

Untuk mencegah sering timbulnya serangan sesak, penderita harus merawat ba­dan sebaik-baiknya, misalnya; gerak jalan, tennis, renang dll. Penderita harus berusaha agar badannya tidak terlalu gemuk, makan secukupnya tidak ber­lebihan. Banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran; tidak boleh makan terlalu banyak asin dan terlalu banyak lemak. Sedapat mungkin pen­derita harus memilih tempat tinggal yang bersih dan iklim yang sedang baginya. Hawa di pegunungan yang terlalu di­ngin biasanya kurang cocok.

Pertolongan Pertama saat sesak menyerang:

- Pintu atau jendela dari ruangan harus dibuka supaya hawa segar dapat masuk se­cukupnya.

- Pakaian yang melekat harus dilonggarkan

- Jika penderita merasa dingin, dada dan punggungnya baik digosok dengan minyak kayu putih yang dicampur dengan sedikit tumbukan jahe.

Perhatian: orang tua yang berumur 60 tahun ke atas yang untuk pertama kalinya men­dadak sesak nafas dengan ba­tuk-batuk dan mengeluarkan banyak lendir encer agak ber­busa. Tidak boleh diberi obat-obat asma. Sesaknya mungkin sekali bukan karena asma tetapi karena sakit jantung.

Penderita dianjurkan ­meng­­konsumsi air jahe, ba­wang putih dan bawang merah, lemon jus.

Disarankan untuk makan secukupnya tidak sampai ke­nyang.

Pantangan

Diusahakan tidak meng­konsumsi sayuran dari jenis kubis-kubisan, makan es krim dan minuman dingin, maka­nan yang mengandung zat war­na dan penyedap sintetis. Jauhi rokok,orang-orang yang se­dang merokok, dan alkohol. (h/blg)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]