Telkom Bagi Dividen Rp8,8 T


Ahad, 19 April 2015 - 18:08:49 WIB
Telkom Bagi Dividen Rp8,8 T

“Sepanjang tahun 2014 Telkom berhasil meraih pendapatan usaha sebesar Rp 89,7 triliun atau meningkat sebesar 8,1% dibandingkan pendapatan usaha yang diperoleh pada periode yang sama pada tahun sebelumnya. Sedangkan EBITDA telkom tumbuh 9,7% menjadi Rp45,8 triliun dan laba bersih naik 3,0% menjadi 14,6%,” ujar Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat malam (17/4/2015).

Baca Juga : Penembakan di New York Tewaskan Bayi, Pria 23 Tahun Ditangkap

Alex juga memaparkan tahun 2015 adalah disebut tahun IndiHome, dimana setiap Wilayah Telekomunikasi mengaktifkan sebagian telepon rumah yang sempat “tertidur”. Kasus ini sudah dibenahi sejak Januari dengan IndiHome. IndiHome menawarkan berbagai fasilitas seperti Internet 100% fiber optic, UseeTV dan IP Camera, kini sudah banyak permintaan dari masyarakat. Alex mejelaskan pula tentang Telkomsel selaku entitas anak perushaan ini, memperlihatkan kinerja yang cemerlang di tahun 2014. Telkomsel berhasil tumbuh triple double digit dengan membukukan pertumbuhan pendapatan usaha, EBITA dan laba bersih sebesar 10,4 persen, 10 persen, dan 11,9 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Pada tahun 2014, pendapatan perusahaan didominasi oleh pendapatan data, internet, dan layanan IT yang terus tumbuh dengan nilai kontribusi sebesar 42% dari total pendapatan telkom,” ujarnya.

Baca Juga : Netanyahu Terkejut, Tentara Israel Bakar Diri karena Trauma Perang

Sementara itu Ketua Umum Serikat Karyawan Telkom (SEKAR) Syahrul Ahyar mengatakan pada Haluan dengan masuknya mantan dirut Telkom Rinaldy Firmansyah di jajaran Komisaris ini menjadi angin segar buat Telkom ke depan. Karena menurut Syahrul, Rinaldy sudah lama di Telkom dan sangat mengerti berbagai masalah di Telkom, ini bisa bersinergi antara Komisaris dengan para direksi Telkom. Semuanya untuk kemajuan Telkom dan anak perusahaan agar tetap utuh, tutup Syahrul.

Ia menjelaskan, pencapaian Telkom tersebut tidak lepas dari konsistensi perseroan dalam menjalankan tiga fokus utama perusahaan, yakni Telkomsel, Indonesia Digital Network, dan Internasional Expansion.

Baca Juga : Terapkan Prokes Ketat, Saudi Wajibkan Vaksinasi Covid-19 untuk Jamaah Dua Masjid Suci

Rombak Komisaris

Dalam RUPS tersebut terjadi perombakan jajaran komisaris. Tiga komisaris lama diberhentikan dan diganti dengan yang baru.

Baca Juga : Bertemu AS, Netanyahu Sebut Pemerintah Iran Sebagai Rezim Fanatik

Perombakan yang direstui rapat umum pemegang saham (RUPS) Telkom. Tiga komisaris yang diberhentikan adalah Komisaris Independen Virano Gazi Nasution, Komisaris Independen Johnny Swandi Sjam, dan Komisaris Imam Apriyanto Putro.

Penggantinya adalah Rinaldi Firmansyah (mantan Dirut Telkom), Margiyono Darsa Sumarja, dan Pamiati Pamela Johanna (Politisi Partai Nasdem).

Berikut ini jajaran komisaris baru Telkom. Hendri Saparini selaku Komisaris Utama. Dolfie Othniel Fredric Palit dan Hadiyanto selaku Komisaris. Selanjutnya Rinaldi Firmansyah, Pamiati Pamela Johanna, Parikesit Suprapto, dan Margiyono Darsa Sumarja selaku Komisaris Independen.

Sedangkan susunan Dewan Direksi Telkom yang tidak berubah, Alex Janangkih Sinaga selaku Direktur Utama. Heri Sunaryadi, Direktur Keuangan. Indra Utoyo, Direktur Innovation and Strategic Portofolio. Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise and Business Service. Honesti Basyir, Direktur Wholesale and International Service.

Herdy Rosadi Harman, Direktur Human Capital Management. Abdus Somad Arief, Direktur Network, Information Technologi and Solution. Dian Rachmawan, Direktur Consumer Service. (h/dj)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]