Hampir Satu Tahun Tidak Juga Dibayarkan


Ahad, 19 April 2015 - 18:13:29 WIB
Hampir Satu Tahun Tidak Juga Dibayarkan

“Sejak pertengahan 2014 lalu, tepatnya sejak bulan Juli kami belum menerima klaim BPJS persalinan dari Dinkes, dan kami sendiri pun tidak mendapatkan keterangan jelas terkait kendala dari dinas, padahal klaim tersebut sangat kami butuhkan,” ungkap HS, salah seorang bidan yang tak mau namanya.

DM, salah seorang bidan lainnya juga menyebutkan klaim BPJS mereka ada yang men­capai belasan hingga pulu­han juta rupiah. Menurutnya, sikap dinas yang menunda-nunda pembayaran klain BPJS para bidan seolah-olah ada per­mai­nan. Padahal, BPJS Sijunjung jelas menyetorkan dan men­cairkan klaim BPJS yang diaju­kan ke dinas setiap bulannya.

Baca Juga : Kembangkan Pertanian Sumbar, Bahlil Perintahkan Deputi Cari Investor

“Dinas seolah-olah tidak peduli dengan kondisi kami (bidan, red) saat ini. Padahal kami sudah melaksanakan tugas dengan baik, terutama menolong dan menyelamatkan bayi yang dilahirkan, dan dana itu adalah hak kami, jangan diendap seperti ini,” kesalnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung, dr. Edwin Suparyogi yang dikonfirmasi wartawan terkait persoalan tersebut, Jumat (19/4) lalu menerang­kan, pencairan BPJS tahun 2014 memang terkendala ke­ter­lambatan pihak BPJS dalam pencairan di akhir tahun. Sehingga pencairan ke para bidan juga menjadi terlambat. Namun pihaknya berjanji akan segera mencairkan klaim BPJS ke para bidan dalam waktu dekat.

Sementara untuk tahun 2015 ini, Edwin beralasan kalau ada pergeseran di APBD sehingga pencairan tidak sesuai jadwal. “Memang saat ini klaim BPJS belum mengalir sejak 2014, hal itu dikarenakan klaim dari pihak BPJS ter­lambat pada Desember 2014. Sementara di tahun ini juga terjadi pergeseran di APBD sehingga kita tidak bisa men­cairkannya. Namun kita beru­saha secepatnya untuk men­cairkan kalim BPJS ke bidan-bidan, kalau bisa minggu ke 3 bulan ini akan kita bagikan,” sebut Edwin.

Namun di lain pihak, Per­nya­taan kepala dinas Kese­hatan langsung dimentahkan kepala kantor layanan ope­rasional BPJS Kabupaten Si­jun­jung, T Amelia Rosdiani. Dirinya menuturkan bahwa Dinas Kesehatan setiap bulan­nya mengajukan klaim, dan pihak BPJS selalu menyetor­kan klaim BPJS non kapitasi, seperti persalinan, Ambulan, dan rawat inap setiap bulannya ke rekening Dinkes.

Bahkan kata Amelia, setiap persyaratan klaim yang di­ajukan dinas kesehatan sudah lengkap, BPJS hanya mem­butuhkan verifikasi klaim selama 15 hari, dan akan lang­sung disetorkan uangnya ke rekening Dinkes, meskipun dalam bulan berjalan.

T Amelia juga menegas­kan, dalam aturannya, BPJS wajib menyetorkan klaim BPJS setiap bulan. Bahkan BPJS selalu menyurati Dinkes Sijunjung terkait jumlah uang yang mesti dibayarkan BPJS.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD), Hasmizon juga mengaku terkejut saat mengetahui kondisi para bidan yang belum menerima klaim BPJS selama hampir setahun. Padahal dalam realisasinya, pihak Dinkes dan Puskesmas selalu membuat laporan satu kali  dalam tiga bulan. (h/ogi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]