Warga Pessel Agar Siaga Bencana


Ahad, 19 April 2015 - 18:15:52 WIB
Warga  Pessel Agar  Siaga  Bencana

Tidak saja musim hujan, pada musim kemarau juga sering terjadi bencana seperti kabakaran hutan, lahan dan sebagainya. Parahnya pada musim hujan, bahaya longsor dan banjir selalu terjadi di kabupaten itu, begitu juga dengan gempa.”Kita minta warga agar tidak segan-segan untuk melaporkan semua ben­cana yang terjadi di daerahnya masing-masing kepada wali nagari (Kepala Desa Adat) atau camat untuk diteruskan ke pemerintah kabupaten (Pem­kab) sehingga dapat dila­kukan penanganan segera, “ katanya.

Baca Juga : Gempa Jatim, Presiden Perintahkan Jajarannya Temukan Korban yang Tertimbun Reruntuhan

Sementara Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pen­ce­gahan, BPBD Pesisir Selatan S Marpaung mengatakan, dari sebanyak 15 kecamatan yang dimiliki kabupaten itu, se­muanya rawan terhadap ber­bagai macam bencana alam.

Sebanyak lima kecamatan diantaranya yakni Kecamatan Bayang Utara, Batangkapas, Koto XI Tarusan, Sutera dan Lengayang sangat rawan tanah longsor karena beberapa pe­mukiman penduduk dekat dengan bukit. Sementara da­erah rawan banjir terdapat di 12 kecamatan.

Baca Juga : BNPB Tegaskan Gempa Malang Bukan Termasuk Megathrust, Tapi Zona Beniof

Mengantisipasi risiko ben­ca­­na memerlukan sistem in­formasi yang tepat dan cepat tentang prediksi terjadinya bencana untuk mitigasi ben­cana. Pada musim hujan ini pemkab setempat menyiaga­kan sejumlah petugas dan per­alatan penanganan bencana.

Tidak saja itu, untuk pe­nanggulangan bencana, pemkab setempat terus mela­kukan koordinasi lintas Sa­tuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sehingga jika terjadi bencana langsung dapat ditangani.

Baca Juga : Minibus Terjun ke Sungai di Agam, Ini Nama-nama Korban

Pihaknya juga me­nyi­aga­kan sejumlah per­lengkapan dan peralatan yang dibutuhkan untuk pe­nang­gulangan ter­sebut se­perti alat berat, perahu karet dan se­bagainya sehingga jika terjadi bencana dapat ditangani dengan cepat. (h/ant)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]