Dua Lokasi Wisata Belum Tersentuh


Ahad, 19 April 2015 - 18:19:31 WIB
Dua Lokasi Wisata Belum Tersentuh

Menurut pemerhati wisata, Ridwan Tulus menuturkan, kemampuan Kota Padang da­lam memisahkan antara wisata dengan perilaku maksiat pe­ngunjung belum maksimal. Karena, destinasi wisata Kota Padang yang pada umumnya pantai masih menyediakan pondok-pondok. Pondok-pon­dok itu, juga memberikan kesempatan kepada pe­ngun­jung untuk melakukan maksiat.

Baca Juga : Realisasi PAD Bapenda Kota Padang Capai Rp98 Miliar pada Triwulan I

“Kita apresiasi Pemko da­lam membasmi tenda ceper. Namun, tempat wisata yang lain belum ada perubahan. Baik dalam pengelolaan pa­riwisata maupun perilaku pre­manisme yang membuat pe­ngunjung tidak nyaman,” tan­dasnya.

Harapan serupa juga di­sam­­paikan oleh Juita, warga Pauh Kota Padang. Dika­takan­nya, ketika melihat tenda ceper sudah hilang ada kelegaan sendiri. Namun, menurut Juita, ketika melihat Muaro Lasak yang saat ini sudah mulai remang-remang, dia men­ce­maskan akan muncul hal yang serupa dengan tenda ceper.

Baca Juga : Danau Cimpago Padang Dipenuhi Sampah Kiriman

“Lihatlah pada malam hari di Muaro Lasak yang remang-remang. Lampu juga tidak terlalu terang ditambah de­ngan pohon-pohon yang se­makin rindang. Kita suka de­ngan wisata yang ramai, tapi bukan tontonan muda-mudi yang bermesraan,” papar Juita.

Sebelumnya, tenda ceper berhasil dihapuskan oleh Pem­ko. Pantai Padang benar-benar bersih dari pedagang tenda ceper yang kerap digunakan untuk berbuat tak senonoh. Pantauan Haluan di kawasan pantai depan Lapau Panjang Cimpago (LPC), tak nampak lagi deretan tenda ceper serta pedagang lain yang berjualan. Lahan yang sebelumnya digu­nakan sebagai tempat ber­dirinya tenda ceper oleh pe­dagang telah bersih. Di lokasi bekas tenda ceper telah diba­ngun taman bunga ma­sing-masing SKPD Pemko Padang.

Seperti diketahui, Danau Cimpago hingga kawasan be­kas tenda ceper merupakan lokasi yang akan dijadikan Pemko Padang sebagai objek wisata keluarga. Di Danau Cimpago, nantinya dibangun LPC sebagai tempat rehat sekaligus pusat kuliner bagi pengunjung.

“Kita ingin kawasan Danau Cimpago betul-betul bisa kita fungsikan sebagai lokasi wi­sata. Semua pedagang akan dipindahkan ke tempat yang sedang dibangun di LPC,” kata Sekretaris Daerah Kota Pa­dang, Nasir Ahmad.

Taman bunga yang di­ba­ngun di lahan bekas pe­dagang tenda ceper akan ditata lebih menarik. Di taman tersebut akan dibangun tempat duduk bagi pengunjung. “Setelah ini disiapkan tempat duduk, se­hingga masyarakat akan me­nikmati pantai dengan suasana yang lebih bersih dan nyaman,” ujarnya. Sedangkan untuk destinasi wisata lain, menurut Sekda, sedang dalam per­baikan salah satunya Batu Malin Kundang. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]