Sumbar Diprediksi Sulit Tekan Pengangguran


Ahad, 19 April 2015 - 18:26:14 WIB
Sumbar Diprediksi Sulit Tekan Pengangguran

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sebelumnya menyebut, Sumbar memang belum memenuhi target penurunan angka pengangguran. Untuk menurunkannya, menurut Irwan, dibutuhkan program strategis yang dapat memberi dorongan terciptanya lapangan kerja. “Program strategis tersebut antara lain, proyek yang bersifat padat karya, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan peningkatan investasi,” katanya dalam Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum dan Plafon Anggaran Sementara APBD Sumbar.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

Dari data yang ada, angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Sumbar terus mengalami kenaikkan. Dalam rentang setahun saja, kenaikkan mencapai 6,99 persen. Kondisi ini menandakan, pemerintahan Sumbar yang dipimpin Gubernur Irwan Prayitno tidak memiliki program yang tepat, dalam membuka akses lapangan kerja, untuk mengatasi para pengangguran.

Elfindri mengatakan angka pengangguran didominasi kalangan produktif, tamatan SMK bahkan sarjana. Hal itu, dikarenakan, para pemuda produktif tersebut tidak mendapat arahan dari pemerintah daerah.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

“Mereka yang menganggur adalah anak muda dan yang berpendidikan. Generasi produktif, yang dianggap memiliki potensi, tapi sayang tidak diarahkan. Pemprov Sumbar mestinya berperan aktif dalam menciptakan lapangan perkerjaan, atau setidaknya mengarahkan para generasi muda. Tidak seperti sekarang, lepas tangan saja,” sebut Elfindri.

Jika dibiarkan, kondisi ini akan berdampak luas dalam kehidupan sosial masyarakat. Angka pengangguran, akan berbanding lurus dengan penurunan perekonomian masyarakat. Dampak lebih luasnya lagi, angka kejahatan akan semakin tinggi, sebab para pengangguran, akan melakukan hal apa saja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari sanalah, mereka mulai menjambret, mencuri, hingga melakukan perampokan. (h/rel)

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]