Dua Tahanan Polres Pasbar Kabur


Ahad, 19 April 2015 - 18:31:36 WIB
Dua Tahanan Polres Pasbar Kabur

Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Pasaman Ba­rat, AKP Arie Sulistyo Nug­roho pada wartawan, Minggu (19/4) mengatakan, tahanan yang kabur itu, Bambang Pa­pek Mardianto (37), alias Anto Kotek, warga Birugo Kota Bukit­tinggi dan Mujahidin (29),warga Batu Nadua Nagari Desa Baru Kecamatan Batahan Pasbar.

Baca Juga : Antisipasi Curanmor saat Ramadan, Ini Imbauan Polda Sumbar

Dia mengatakan, kedua pelaku sudah merencanakan dengan matang untuk kabur itu. Mereka meng­gergaji besi ventilasi udara belakang tahanan Mapolres. Bahkan apiknya, tidak ada tahanan lain yang menge­tahui mereka kabur.

“Kedua DPO ini kabur melalui ventilasi udara atap belakang taha­nan Mapolres Pasbar.”ujar Arie.

Baca Juga : Berkunjung ke Sumbar, Doni Monardo Minta Perantau Lebaran Virtual

Kedua tahanan itu diperkirakan lari dari arah belakang sel dan masuk perkebunan masyarakat.

“Ada saksi mata yang melihat kedua DPO ini kabur dengan mema­kai sepada Motor Yamaha RX King,” tukasnya.

Baca Juga : Pengurus DPD Ikadin Sumbar Dilantik, Siap Lahirkan Hotman Paris dari Minang

Setelah mengetahui ada tahanan yang kabur, personel Polres Pasbar sejak Sabtu malam melakukan penca­rian dibantu  seluruh unit dan Polsek.

Anto kotek yang merupakan DPO kasus pencurian dengan pem­beratan (Curat),  ditangkap Polsek Pasaman  di Birugo Kota Bukit­tinggi, sedangkan Mujahidin (29) merupakan pengedar daun ganja dengan barang bukti (BB) enam kilo ganja kering  ditangkap  Sat Nar­koba Polres Pasbar di Daerah Air balam pada Kamis (9/4) lalu.

Baca Juga : Diburu Waktu, Wagub Sumbar Perintahkan Dinkes Kejar Target Vaksinasi Lansia

“Kita berharap  kedua DPO ini berhasil ditangkap kembali. Jika ada warga yang melihat orang baru di sekitarnya, silakan laporkan ke polsek terdengat”,

Anto Kotek merupakan specialis pencuri yang tidak membedakan barang yang akan di curinya, salah satunya di Kapar, Anto kotek pernah mencuri burung, rokok, hp, kaca­mata, sedang di Talu Kecamatan Talamau dia mencuri tabung gas elpiji.

Tidak itu saja, di Jorong Jambak, Nagari Aua Kuning Kecamatan Pasaman Pasbar, Anto Kotek juga pernah mencongkel rumah warga pada malam hari dengan mengambil, tiga unit laptop, hp serta barang berharga lainnya.

Saat dilakukan penyelidikan, Anto Kotek membenarkan bahwa dirinya memang betul melakukan pencurian di 5 TKP di Pasbar, dan rata-rata di lakukannya pada malam hari.

Tiga Tahanan Kejaksaan

Peristiwa kaburnya tahanan di Pasbar juga pernah terjadi pada 12 Juli 2013. Ketika itu, tiga tahanan Kejaksaan Negeri Simpang Empat matera Barat, kabur saat keluar dari ruang persidangan di Pengadilan Negeri Pasaman Barat.

Ketiga tahanan yang kabur itu berinisial M dalam kasus pencurian kendaraan bermotor, S dalam kasus narkoba, serta B dalam kasus narkoba.

Kaburnya 3 tahanan jaksa terse­but diduga kelalaian dari petugas di Pengadilan Negeri Pasaman dalam mengawasi tahanan setelah per­sidangan. (h/dka)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]