Kekurangan Anggaran Pilkada Diakomodir di APBD-P


Senin, 20 April 2015 - 19:24:35 WIB
Kekurangan Anggaran Pilkada Diakomodir di APBD-P

JK juga memberikan alter­natif lain, yakni mengusulkan Kemendagri untuk membuat semacam dana hibah, yang ke­mudian diganti pada tahun se­lanjutnya. Lantas, bagaimana pemerintah daerah bersama KPU menyikapi dua opsi tersebut.

Baca Juga : PLN Peduli Salurkan Dana CSR/TJSL Rp 388 Juta untuk Sarana Umum di Padang

Di Kabupaten Solok, pe­merintah daerah setempat mengaku siap untuk menga­komodir seluruh kebutuhan anggaran pilkada sesuai de­ngan kebutuhan riil. Sekda Kabupeten Solok, M. Saleh, Senin (20/4) mengatakan, sesuai dengan permintaan KPU, Pemkab Solok telah menganggarkan dana sebesar Rp12,5 miliar pada APBD 2015. Dan akan dicukupkan Rp16 miliar lagi pada APBD Perubahan.

Sesuai dengan per­hi­tung­an berdasarkan kebutuhan riil, dana sebesar Rp12,5 miliar itu diakui masih cukup memadai untuk membiayai semua tahapan Pilkada se­rentak tahun 2015, menjelang hari pemungutan suara.

Baca Juga : Pemkab Solsel Targetkan PAD Rp336 Juta dari Sewa Kios dan Los Pasar di 2021

“Kalau memang diperlu­kan penambahan dana dan penam­bahan itu sesuai dengan kebu­tuhan riil, Pemkab Solok akan mengakomodirnya pada APBD Perubahan. KPU tak perlu gamang menggelar Pil­kada 2015. Silahkan ajukan kebu­tuhan anggaran sesuai dengan kebutuhan riil,” kata M. Saleh.

Ketua KPU Kabupaten Solok, Elwiza mengatakan, pihaknya akan kembali me­nga­jukan Rencana Anggaran Biaya (RAB) kepada pe­me­rintah daerah. Karena RAB yang diajukan sebelumnya tidak lagi cocok dengan ke­butuhan riil. Menurut Elwiza, dengan adanya beban KPU untuk menanggung biaya alat peraga kampanye calon kepala daerah, maka KPU Kabupaten membutuhkan biaya tambahan sebesar Rp4 miliar rupiah lagi.

Baca Juga : Kota Pariaman Berpotensi Kembangkan Bawang Merah, Tumbuh sangat Baik dan Subur

Dana Rp4 miliar itu diplot untuk mencetak atribut dan baliho pasangan bupati dan wakil bupati yang akan di­pasang di setiap kecamatan. Berdasarkan Undang-undang, KPU harus menyediakan lima baliho dan 20 spanduk pasang­an calon di setiap kecamatan. Angka Rp4 miliar itu, dengan asumsi ada sembilan pasang calon.

Pasbar Minus Rp8 Miliar

Baca Juga : Bupati Padang Pariaman Serahkan Bantuan Sembako ke Beberapa Panti Asuhan

Ketua KPU Kabupaten Pasaman Barat, Syafrinaldi yang ditenui terpisah, me­ngatakan jika pihaknya sudah siap untuk menghelat Pilkada serentak Desember 2015 men­datang. Dia mengatakan, ke­kurangan anggaran Pilkada akan dimasukkan pada APBD-P Pasaman Barat tahun 2015. “Dana yang sudah tersedia baru Rp7 miliar, dan keku­arangan sekitar Rp8 miliar akan dianggarkan Pemda pada APBD-P,” katanya.

Dia sampaikan, kesepakat­an anggaran tersebut dengan Pemda setelah melakukan beberapa kali koordinasi. Dan akhirnya, kekurangan tersebut disepakti untuk di masukkan dalam APBD-P.  Syafrinaldi, optimis pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015 akan berlangsung sukses di Pa­saman Barat.

Bukittinggi Kekurangan Rp1 Miliar

Sementara Komisi Pe­mili­han Umum (KPU) Kota Bu­kit­tinggi mengaku masih ke­kurangan biaya sekitar Rp1 miliar, akibat perubahan atu­ran yang telah diundangkan dalam UU Nomor 8 tahun 2015. “Dari hitungan KPU bersama Pemko Bukittinggi, memang terdapat kekurangan dari ang­garan semula sebesar Rp7,5 miliar,” kata Ko­misio­ner Divisi Logistik KPU Bu­kit­tinggi, Heldo Aura, Senin (20/4).

Heldo menjelaskan, ke­kurangan anggaran Pilkada Bukittinggi ini disebabkan pada aturan yang menyebutkan bahwa seluruh biaya Pilkada ditanggung oleh APBD, sesuai yang tertuang dalam Undang-undang nomor 8 tahun 2015.

Dalam Pasal 65 ayat 2 UU Nomor 8 Tahun 2015 di­sebut­kan, kampanye difasilitasi oleh KPU Provinsi dan KPU Kabu­paten/Kota yang didanai APBD. Padahal aturan sebelumnya tidak menyebut didanai APBD.

Dalam Pasal 65 itu juga disebutkan, kampanye yang difasilitasi oleh KPU provinsi dan KPU kabupaten/ kota yang didanai APBD itu men­cakup debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga, serta iklan media massa cetak dan media massa elektronik. (h/eri/dka/wan)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]