Empat Kawasan Pemukiman Kumuh Target Pembenahan


Selasa, 21 April 2015 - 18:45:50 WIB
Empat Kawasan Pemukiman Kumuh Target Pembenahan

Ditambahkan Suprapto, pembenahan pemukiman kumuh ini setiap lokasinya akan dibiayai dengan dana Rp15 sampai Rp20 miliar perlokasi. Dana tersebut diperuntukkan untuk pembenahan fisik rumah, perbaikan sanitasi dan layanan air bersih, perbaikan drainase dan jalan lingkung, serta pembukaan kawasan terbuka hijau.

Baca Juga : Pembangunan Sea Wall di Padang Telan Anggaran Rp19,1 Miliar

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padang, Muswendry Evytes mengatakan, pengusulan pembenahan empat pemukiman kumuh di Kota Padang diajukan PU tahun 2014 lalu. Pengajuan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota. “Empat daerah yang kita diusulkan akhirnya direspon pemerintah provinsi. Pe­ngerjaanya dilakukan provinsi,” jelasnya.

Dikatakan Muswendry, tahun 2016 ada dua daerah lainnya yang dipersiapkan Pemko Padang untuk diajukan mendapat pembenahan. “Dua daerah yang kita ajukan itu, Bungus Teluk Kabung dan Kuranji. Saat ini sedang proses,” terangnya kepada Haluan, Selasa (21/4).

Baca Juga : Ragam Tradisi Jelang Ramadan, Begini Tanggapan Cadiak Pandai di Padang

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Ruang Tata Bangun dan Pemukiman (TRTBP) Kota Padang, Afrizal BR mengatakan, pemukiman kumuh masih banyak terdapat di Kota Padang. Seperti, daerah Purus, Jati, Simpang Haru, Muaro Padang dan kawasan lainnya di Kota Padang.

“Selain kawasan kumuh, banyak juga rumah yang tidak layak huni masyarakat di Kota Padang. Untuk rumah yang tidak layak huni tersebut, Pemko Padang telah mem­programkannya untuk dilakukan pembedahan,” paparnya. Saat ini, TRTBP masih melalukan pendataan rumah yang akan dilakukan bedah rumah. “Untuk kategorinya, rumah yang tidak layak huni ini dilihat dari berbagai sisi. Kita lihat bentuk fisiknya, dindingnya, lantainya dan kategori lain,” tutupnya. (h/mg-isr)

Baca Juga : Jelang Puasa, Masyarakat Padang Mulai Laksanakan Ziarah Kubur

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]