Polres Agam Sita 16 Kg Ganja


Selasa, 21 April 2015 - 19:05:31 WIB
Polres Agam Sita 16 Kg Ganja

Pengungkapan kasus 16 kg ganja tersebut merupakan yang terbesar di Polres Agam dalam beberapa tahun terakhir. Satu di antara tersangka tergolong bandar, karena menyimpan barang dalam jumlah banyak.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 158, Sembuh 153, dan Meninggal Dunia 5 Orang

Kedua orang tersangka tersebut adalah, DM (24) ditangkap, pada kedia­man­nya Lubuak Mangindo, Sang­kir, Nagari Lubuk Basung, sekitar pukul 19.00 WiB. Ia merupakan residivis dan su­dah terlibat sejumlah tindak kriminal. Sementara satu orang tersangka lagi, adalah AD (18) ditangkap di Pasar Durian, Kenagarian Mang­go­poh, sekitar pukul 20.00 WIB.

Kapolres Agam, AKBP Eko Budhi Purwono didam­pingi Kasat Narkoba, Iptu Dodi Effendi dan Paur Humas Polres Agam, Aiptu Yanfrizal, Selasa (21/4) mengatakan, penangkapan kedua orang itu berawal dari penyelidikan, tarkait peredaran barang haram di wilayah hukum Polres Agam. Keduanya ditangkap tanpa perlawanan, setelah kedapatan memiliki ganja.

Baca Juga : ASN Sumbar Jangan Gegabah, Ada Sanksi bagi yang Nekat Mudik Lebaran

Sedang Karaokean

Sementara itu, seorang pemakai sabu ditangkap ja­jaran Polres Sijunjung di lokasi hiburan karaoke di kawasan wisata Telabang Sakti Ka­mang Baru, Kecamatan Ka­mang Baru. Selain dite­mukan tiga paket sabu dari tangan pelaku juga dite­mukan satu unit senjata Air Softgun sejenis FN.

Baca Juga : DPRD Harap Kedatangan Para Menteri Bawa Angin Segar untuk Pembangunan Sumbar

Penangkapan pelaku yang berinisial “SL” (32) warga Jorong Taratak Tinggi Kena­garian Timpeh Ka­bupaten Dhar­mas­raya itu berawal dari laporan warga yang merasa resah de­ngan tingkah laku pelaku yang kerap terlihat seperti membawa senjata api yang diselipkan dipinggangnya setiap kali datang ke tempat karaoke. Bahkan beberapa saksi menyebut pelaku sering terlihat mengonsumsi nar­koba jenis sabu-sabu.

Tindak lanjut dari laporan warga, Sabtu (18/4) malam, sekitar pukul 23.30 WIB, Kasat Narkoba, AKP. Elvi Piliang serta beberapa anggota Satres Narkoba lainnya mendatangi lokasi hiburan tersebut. Di dalam sebuah room karaoke tersangka sedang asyik bernyanyi. Saat dico­cokkan ciri-ciri tersangka dengan laporan yang diterima, petugas langsung melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap pelaku. Saat digeledah petugas, dalam saku tersangka ditemukan sebuah dom­pet kecil yang ternyata berisi 3 paket kecil sabu yang dibungkus dengan bungkusan gosok gigi.

Baca Juga : Kasus Mafia Tanah, Komisi II DPR Segera Tuntaskan 4 Kardus Laporan Masyarakat

Kendaraan yang digunakan ter­sangka datang ke lokasi hiburan juga tak luput dari pemeriksaan petugas. Alhasil, di dalam mobil milik anak dari seorang pimpinan salah satu KUD di Dharmasraya itu dite­mukan satu unit senjata jenis Air Sofgun Type FN.  Pelaku pun tak berkutik dan langsung digelandang ke Mapolres Sijunjung bersama barang bukti sabu senilai Rp 1 juta dan satu unit senjata api Mapolres Sijunjung.

Kapolres Sijunjung AKBP Dwi Sulistiawan didampingi Kasat Nar­koba AKP Elvi Pilian bersama KBO Satres Narkoba Ipda Yuliza Herman saat pemeriksaan tersangka di Ma­polres Sijunjung, Selasa (21/4) ke­marin mengatakan, pasal yang dite­rapkan kepada tersangka yaitu UU Narkotika nomor 35 tahun 2009 dengan pasal 112, 114 serta pasal 127 serta pasal 132 UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkoba dengan anca­man hukuman 15 tahun penjara.

“Saat ini, petugas masih terus melakukan pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut untuk kasus tersebut. Menurut keterangan pria yang sudah memiliki dua anak itu, dirinya mendapatkan barang haram tersebut dari salah seorang bandar berinisal “ET” yang posi­sinya masih kita selidiki,” ujar Kapolres. (h/yat/ogi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]