Dilema Pengasuhan Anak


Kamis, 23 April 2015 - 18:45:04 WIB
Dilema Pengasuhan Anak

“Masalah Anda mengenai pengasuh anak yang tidak profesional, tentu bisa diatasi dengan cara profesional. Arti­nya, jika ia tidak cukup teram­pil mengasuh sesuai dengan harapan, Anda punya hak un­tuk memberhentikannya. An­da layak mempertim­bang­kan pola asuh yang lebih layak bagi masa depan perkembangan anak Anda,” ungkap Monty.

Baca Juga : Dunia Games League 2021, Dorong Gamer Indonesia Tingkatkan Kemampuan

“Memang berat untuk lang­sung berhenti bekerja. Tetapi, membiarkan  buah hati Anda dirawat oleh pengasuh yang Anda anggap kurang becus, tentunya membuat Anda ce­mas. Anda memang harus me­ng­ambil tindakan untuk me­ngatasi dilema ini. Anda perlu mempersiapkan diri mema­hami perkembangan anak usia dini,” jelas Konsultan Irma Makarim.

Menurut Irma, masa usia dini, yaitu  satu sampai delapan tahun, merupakan fase perkembangan fisik dan mental yang terpenting dalam seluruh kehidupan seseorang. Perkem­bangan otak yang paling intensif terjadi dalam  tiga tahun perta­ma dalam kehidupan kita se­mua.

Baca Juga : Khusus Pria! 5 Model Rambut Ini Bisa Bikin Ganteng Maksimal

“Anda berdua mempunyai beberapa pilihan. Berhenti bekerja dan merawat anak Anda sendiri, ideal sekali bila Anda bisa hadir dan merawat anak Anda sendiri. Jika belum me­mung­kinkan, maka Anda harus berusaha menciptakan peker­jaan yang bisa Anda lakukan dari rumah. Kalau perlu dengan didampingi pengasuh yang didi­dik sebelumnya sehingga bisa Anda percayai untuk ikut mera­wat anak Anda,” ujar Irma.

Bila kedua pilihan ini tak juga bisa dilaksanakan, maka dengan terpaksa Anda harus mendidik seorang pengasuh sampai bisa Anda serahkan tanggung jawab perawatan anak Anda. Dalam hal ini, kalau dimungkinkan, minta bantuan  ayahanda untuk bisa ikut mengawasinya. (h/fmn)

Baca Juga : Ramadan jadi Momentum Penting bagi Perokok Aktif, Kok Bisa?

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]